• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Pemerintahan

Pamekasan Kembali Raih Penghargaan Pojok Baca Digital

Pamekasan Kembali Raih Penghargaan Pojok Baca Digital
Kabupaten Pamekasan meraih penghargaan kategori Pojok Baca Digital atau Pocadi. (Foto: NOJ/Terbitan)
Kabupaten Pamekasan meraih penghargaan kategori Pojok Baca Digital atau Pocadi. (Foto: NOJ/Terbitan)

Pamekasan, NU Online Jatim
Prestasi demi prestasi terus diukir Kabupaten Pamekasan. Untuk kesekian kalinya meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kategori Pojok Baca Digital (Pocadi).


Penghargaan tersebut diberikan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Bupati Pamekasan, dengan disaksikan langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Acara dipusatkan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (17/04/2022).


Bupati Pamekasan setelah menerima penghargaan menyampaikan bahwa prestasi merupakan bukti nyata dalam menjadikan kawasannya sebagai daerah literasi tahun 2022.


“Terima kasih kepada Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas penghargaan Pojok Baca Digital untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pamekasan. Terima kasih kepada Ibu Gubernur atas bimbingan dan arahannya,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam usai acara.


Ia menambahkan, penghargaan itu diberikan kepada masyarakat Pamekasan yang juga mendukung penuh dalam tercapainya pelayanan baca yang mudah diakses.


“Adanya pojok baca digital ini bisa mampu meningkatkan gerakan literasi masyarakat dalam membangun peradaban berkemajuan dan berkebaruan kedepannya untuk Pamekasan,” terangnya.


Menurut bupati, perpustakaan adalah gudang ilmu dan peradaban, sedang membaca adalah satu-satunya cara untuk memasuki dan memahami peradaban. Dan hal itu dalam menyongsong pola pikir untuk memberikan inovasi yang berdampak pada daerah.


“Dengan membaca, kita bisa membuka cakrawala berpikir seseorang, mendapat ilmu pengetahuan baru, serta mengubah paradigma konvensional menuju paradigma yang lebih produktif,” tuturnya.


Sementara Kepala Perpustakaan dan kearsipan Daerah Pamekasan, Prama Jaya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, atas diberikannya penghargaan yang luar biasa dalam merubah kabupaten yang sebelumnya bisa-biasa saja menjadi luar biasa.


“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi pelecut bagi kami untuk bekerja lebih baik kedepan, khususnya dalam menjadikan Pamekasan menjadi kabupaten literasi 2022,” katanya.


Dalam penghargaan dengan tema “Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan” tersebut dihadiri oleh beberapa bupati. Seperti Trenggalek, Gresik, Jember, Tuban, Probolinggo, Lamongan, Sampang, Nganjuk, Madiun, Juga Wali Kota Batu, Wali Kota Mojokerto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, dan Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur.


Editor:

Pemerintahan Terbaru