• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Pendidikan

Bentuk Pengabdian Masyarakat, Unisma Kunjungan Kerja ke Pulau Bawean

Bentuk Pengabdian Masyarakat, Unisma Kunjungan Kerja ke Pulau Bawean
Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi saat menyampaikan sambutan. (Foto: NOJ/jatimtimes.com)
Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi saat menyampaikan sambutan. (Foto: NOJ/jatimtimes.com)

Malang, NU Online Jatim

Para pimpinan dari Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan kunjungan kerja bertajuk 'Unisma Mengabdi' ke Pulau Bawean.


Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi dan di dalamnya terdapat aspek pengabdian masyarakat.


Turut mengikuti di antaranya Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Prof Drs H Junaidi Mistar MPd PHd, Wakil Rektor 2 KH Noor Shodiq Askandar SE MM, Wakil Rektor 4 Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP, serta beberapa staf kampus dan dipimpin langsung oleh Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi.


Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi mengatakan, misi-misi strategis yang dibawa dalam kunjungan ini tentu mencakup berbagai aspek, mulai dari bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian, peningkatan kualitas dan sumber daya manusia.


Sehingga, kehadiran Unisma ini menjadi sebuah harapan dan solusi dalam memecahkan berbagai kendala pendidikan di daerah, penggalian potensi daerah maupun dalam upaya pengembangan dan pelaksanaan program terstruktur sesuai dengan misi yang diusung.


"Unisma Mengabdi ini berlangsung mulai dari 29 Maret 2024 hingga 4 Maret 2024 dan diisi dengan berbagai kegiatan strategis," ujarnya.


Menurutnya, kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan positif dan dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan maupun SDM yang ada di Pulau Bawean. 


Dimulai dari konsolidasi dan penguatan kapasitas organisasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan PC LP Ma'arif NU Bawean. Kemudian, bakti sosial dan pengobatan gratis bekerja sama dengan FK Unisma dan PCNU Bawean. 


Selanjutnya, kegiatan peningkatan sumber daya manusia di lembaga pendidikan dengan peserta guru maupun kepala sekolah. Setelah itu, kegiatan silaturahim dan memperkuat sinergi dengan dengan Rais Syuriyah PCNU Bawean.


“Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan SDM tentunya  merupakan merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang Makmur,” ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, dengan memberikan wawasan terkait jiwa leadership kepada SDM di Pulau Bawean ini dilakukan melalui Studium General tentang ‘Kepemimpinan Pendidikan Transformatif guna Membangun Peradaban’.


“Agenda berikutnya yang dilakukan oleh para pimpinan Unisma adalah melakukan silaturahim dan pertemuan dengan alumni Unisma Ikatan Alumni Pesantren Tebu Ireng (Ikapete).


Dengan kegiatan Unisma Mengabdi ini diharapkan berdampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan maupun SDM di Pulau Bawean lebih maju dan memiliki kreativitas serta inovasi yang cemerlang.


Pendidikan Terbaru