• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Pendidikan

BSA UIN Malang Gelar Workshop Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab

BSA UIN Malang Gelar Workshop Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab
BSA UIN Malang gelar workshop metodologi pembelajaran Bahasa Arab. (Foto: NOJ/Humas UIN Malang)
BSA UIN Malang gelar workshop metodologi pembelajaran Bahasa Arab. (Foto: NOJ/Humas UIN Malang)

Malang, NU Online Jatim
Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Workshop Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Home Theater Fakultas Humaniora.


Tujuan workshop kali ini untuk mendukung upaya penguatan kompetensi pedagogi bagi mahasiswa. Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di bidang pengajaran dari hari Selasa-Kamis (21-23/06/2022).


Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr Halimi mengatakan, dengan adanya workshop mahasiswa bisa memiliki kompetensi yang tinggi di bidang pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab.


"Mahasiswa akan menjadi tenaga yang kompeten dalam pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab," katanya.


Lain halnya, Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Dr Abdul Basid mengungkapkan bahwa menjadi guru tidaklah mudah. Selain dituntut untuk mengajarkan materi kepada siswa, tetapi juga berperan penting dalam menginspirasi dan memotivasi siswanya untuk berubah lebih baik lagi.


“Tidak hanya itu, menjadi tenaga pengajar yang profesional harus menguasai kompetensi pedagogi dalam pembelajaran,” ujarnya.


Kemudian tentang bagaimana mendidik anak, membimbing anak sesuai dengan perkembangannya. Termasuk pemanfaatan teknologi terutama di era revolusi digital seperti saat ini.


Dari workshop ini, Prodi BSA mendatangkan delapan pemateri yang ahli di bidang pembelajaran Bahasa Arab dengan mengusung topik tentang pembelajaran. Hari pertama kegiatan diisi oleh Dr Ma’rifah Munjiah yang membahas Kurikulum Bahasa Arab. Dr Nur Hasaniyah mengupas silabus Bahasa Arab.


Kemudian, Dr Abdul Muntaqim Al Anshory membahas tujuan Pembelajaran Bahasa Arab, Arif Rahman Hakim yang berbicara tentang Materi Bahasa Arab, serta Dr Laily Fitriani mengupas tentang Metode Pembelajaran Bahasa Arab.


Selanjutnya hari kedua, agenda workshop akan membahas media pembelajaran Bahasa Arab oleh Khafid Roziki MPd. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab oleh Moh. Zawawi MPd, dan diakhiri oleh Dr. Abdul Basid yang membahas tentang Taksonomi Bloom, RPP, dan penyusunannya.


Lalu pada hari ketiga dilaksanakan praktik mengajar sebagai simulasi hasil workshop sekaligus evaluasi praktik pengajaran bagi calon peserta PKL. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Abdul Muntaqim Al Anshory, Dr Ma’rifah Munjiah dan Dr Nur Hasaniyah.


Pendidikan Terbaru