• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Pendidikan

Keren, Mahasiswa MPI UIN Malang Magang di Dua Instansi Negara

Keren, Mahasiswa MPI UIN Malang Magang di Dua Instansi Negara
Mahasiswa MPI UIN Malang magang di dua instansi negara. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
Mahasiswa MPI UIN Malang magang di dua instansi negara. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang terus berupaya konsisten dalam mencetak SDM atau lulusan berkualitas guna memenuhi tuntutan dunia kerja.


Upaya yang dilakukan salah satunya melalui program magang. Baru-baru ini, 10 mahasiswa Progam Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) mengikuti magang di dua instansi negara.


Sekretaris Prodi MPI UIN Maliki Malang, Devi Pramitha M PdI mengatakan, 10 mahasiswa melakukan magang di Ibukota. Mereka melakukan magang di dua tempat, yakni di Sekretariat Jendral (Sekjen) DPR RI dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Ditjen Pendis Kemenag) RI.


Penyerahan mahasiswa magang tersebut dilakukan pada Jum’at lalu, dan diterima langsung oleh Kepala Kokesra Susantomo S IP M AP di Ruang Sekretariat Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat.


"Sebenarnya pada 2017 lalu, ada beberapa mahasiswa MPI yang pernah magang di tempat ini. Sayangnya sempat lost contact dan baru mengadakan kegiatan serupa tahun ini," katanya.


Devi juga menyampaikan, bukan hanya pada instansi negara di ibukota saja, para mahasiswa UIN Maliki Malang juga banyak yang melakukan magang pada instansi pemerintah seperti DPRD Kota Batu, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dan Kemenag Kota Pasuruan. Total terdapat 76 mahasiswa Prodi MPI angkatan 2019 yang juga magang di berbagai daerah.


Sementara itu, Kepala Bagian Kokesra Susantomo, S IP M AP secara langsung yang menyambut rombongan menyampaikan, jika peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan. Sebab, mahasiswa menjadi agent of change untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan yang dilakukan oleh anggota dewan.


“Alhamdulillah, sekarang bisa menyambung silaturahim lagi, karena bagaimanapun juga kita butuh mahasiswa sebagai agent of change," ungkapnya.


Senada, lima mahasiswa lainnya yang magang di Ditjen Pendis Kemenag RI, kedatangannya malah disambut langsung oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Prof Dr H Moh Isom Yusqi M Ag.


Dikatakan Prof Isom, jika program magang yang dilakukan pada Direktorat KSKK merupakan hal yang strategis dan sangat tepat. Sebab, direktorat ini menangani terkait banyak hal. Mulai dari manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kelembagaan hingga manajemen kesiswaan.


"Karena itulah, sangat cocok linear dengan keilmuan pada Prodi MPI," tutupnya.


Pendidikan Terbaru