• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Pendidikan

UIN Malang Gelar Ujian Masuk Sistem Seleksi Elektronik UMPTKIN 2022

UIN Malang Gelar Ujian Masuk Sistem Seleksi Elektronik UMPTKIN 2022
UIN Malang Gelar Ujian Masuk Sistem Seleksi Elektronik UMPTKIN 2022. (Foto: NOJ/Humas UIN Malang)
UIN Malang Gelar Ujian Masuk Sistem Seleksi Elektronik UMPTKIN 2022. (Foto: NOJ/Humas UIN Malang)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang kembali menggelar pelaksanaan ujian masuk dengan Seleksi Sistem Elektronik (SSE) UMPTKIN 2022 secara online seperti tahun sebelumnya yang bertempat di rektorat lantai 3 Gedung Soekarno UIN Maliki Malang.


Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag mengatakan, SSE UM-PTKIN ini salah satu jalur nasional masuk perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama (Kemenag), sehingga pesertanya hanya diikuti 58 peserta PTKIN se-Indonesia.


Ia menerangkan, UIN Maliki Malang sendiri memiliki lima jalur penerimaan mahasiswa baru mulai dari SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur Mandiri.


"Yang mengikuti seleksi SSE-UMPTKIN 2022 adalah kampus yang berada di PTKIN baik yang statusnya UIN, IAIN dan STAIN seluruh Indonesia dan untuk UIN Maliki Malang jalur yang terakhir ada jalur Mandiri, dimana jalur Mandiri terdiri dari mandiri beasiswa teladan, mandiri prestasi, dan mandiri tulis," terangnya.


Sementara Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (Kabiro AAKK) Dr. H. Barnoto, M, Pd. I menegaskan, uji coba SSE UM-PTKIN ini diikuti oleh 1887 siswa. Peminat tertinggi itu ada di Jurusan tarbiyah, prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).


Ia menambahkan, ujian SSE-UMPTKIN ini dilakukan selama 3 hari kedepan melalui 3 sesi, dimana satu sesi ada 15 ruangan yang setiap ruangan berisi 20 peserta.


"Alhamdulillah untuk sesi pertama di hari pertama ini berjalan dengan lancar, profesional, kredible dan jaringannya sangat lancar," ungkapnya.


Hadir dalam kesempatan ini, Pokja penjaminan mutu pantia pusat UM-PTKIN, Anila Umriana dan Pokja Humas Nasional, Syaiful Bahri M, Si untuk monitoring pelaksanaan SSE-UMPTKIN 2022.


"Kehadiran saya di UIN Maliki Malang untuk monitoring dan hasilnya alhamdulillah berjalan lancar baik pelaksanaan hingga teknis kepanitiaannya, semoga hari berikutnya juga lancar," ujar Pokja Humas Nasional, Syaiful Bahri M, Si.


Dalam kesempatan ini, Syaiful menjelaskan bahwa secara nasional ujian SSE-UMPTKIN 2022 mengalami peningkatan yakni diikuti oleh 142.216 peserta.


Pendidikan Terbaru