• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pendidikan

UIN Malang Terakreditasi Sinta 5 Jurnal Pengabdian Masyarakat

UIN Malang Terakreditasi Sinta 5 Jurnal Pengabdian Masyarakat
Tim JRCE sedang melakukan video conference oleh tim akreditasi jurnal. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Tim JRCE sedang melakukan video conference oleh tim akreditasi jurnal. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang terakreditasi Sinta 5 pada jurnal pengabdian masyarakat. Civitas akademika cukup berbangga dengan capaian Journal of Research on Community Engagement (JRCE).


"Alhamdulillah, sejak tahun 2019 JRCE selalu terbit rutin setiap enam bulan sekali. Saat ini sudah menerbitkan 3 volume secara rutin dan penulisnya dari kampus PTKIN," kata Tim Editor yang juga Dosen Matematika, Heni Widayani.


Menurutnya, jurnal ini terakreditasi berdasarkan SK Dirjen Dikti Ristek nomor 105/E/KPT/2022 tentang peringkat akreditasi jurnal ilmiah periode 1 tahun 2022 yang telah dirilis di media beberapa hari lalu. Keputusan tersebut telah memberikan angin segar bagi pengelola jurnal, terutama bagi jurnal yang naik peringkat.


Kemudian, ungkapan syukur atas jurnal JRCE yang masuk peringkat 5 nasional itu diucapkan oleh salah seorang managing editor yang juga sekaligus dosen Jurusan Matematika, M Khudzifah. Jurnal nasional menjadi bekal untuk terus mengabdi dan memberikan manfaat melalui akademik.


"Alhamdulillah, dengan masuk peringkat 5 secara nasional terbayar sudah kerja keras dalam mengurus publikasi jurnal JRCE selama ini," ucapnya.


Tema jurnal beragam mulai tentang kesehatan, pendidikan, humaniora, psikologi, kebahasaan, sains dan teknologi, syari’ah dan moderasi beragama hingga bidang perekonomian. Sekarang, total lima artikel sekali terbit setiap enam bulan, artikel tersebut hasil pengabdian kepada masyarakat dari kegiatan KKM-DR, UIN Mengabdi 'Qaryah Thoyyibah' serta Community Development.


Senada, Editor in Chief JRCE Ketua Pengabdian Penelitian Masyarakat, Syaiful Mustofa menambahkan akan terus bekerja keras melakukan inovasi dan kreasi supaya jurnal pengabdian semakin baik.


Berangkat dari arahan dan bimbingan pimpinan dan ketua LP2M UIN Maliki Malang yang baru akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penulis dan meningkatkan kualitas artikel-artikelnya.


"Kami mohon do’a restu dan dukungan semuanya, di bawah kepemimpinan ketua LP2M yang baru, Prof Agus Maimun. Kita berusaha keras mengawal jurnal yang ada di UIN Maliki Malang agar akreditasinya meningkat lebih baik lagi," pungkasnya.


Awal mula JRCE diprakarsai oleh Ketua Pusat Studi Sains dan Teknologi, Prof Retno Susilowati. Pada waktu itu ketua LP2M yakni Prof Mufidah Ch. Jurnal ini mulai aktif menerbitkan artikel secara rutin sejak mengikuti kegiatan workshop pada bulan September 2019.


Pendidikan Terbaru