• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Pendidikan

Bupati Lamongan Lepas KKN Tematik Covid-19 Unisda

Bupati Lamongan Lepas KKN Tematik Covid-19 Unisda
Penyematan jas kepada salah satu peserta KKN Tematik Covid-19 Unisda Lamongan. (Foto: NOJ/Ist).
Penyematan jas kepada salah satu peserta KKN Tematik Covid-19 Unisda Lamongan. (Foto: NOJ/Ist).

Lamongan , NU Online Jatim

Universitas Islam Darul Ulum (Unisda ) Lamongan memberangkatkan mahasiswanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid -19. Pemberangkatan dipusatkan di gedung Sasana Budaya dan Olahraga kampus setempat, Selasa (03/08/2021).

 

Bupati Lamongan , Yuhronur sebelum melepas peserta KKN meminta agar mahasiswa benar-benar menjadi agen perubahan di tengah 'masyarakat, utamanya saat bangsa Indonesia sedang hearts pandemi Covid -19.

 

Tidak hanya itu, Bupati Yuhronur juga mengajak para mahasiswa untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

 

"Saya mengajak mahasiswa ketika terjun ke masyarakat untuk turut mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar disiplin protokol kesehatan. Mengingat, hal ini perlu dilakukan demi menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan masyarakat saat pandemi," ujar Yuhronur.

 

Rektor Unisda, Ainul Masruroh mengatakan, KKN tematik Covid-19 ini adalah bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Oleh karena itu, KKN tahun ini mengusung tema 'Percepatan Pemulihan Sosial Ekonomi Masyarakat di Era Pandemi Covid-19'.

 

“Tema ini sengaja diambil untuk mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Semoga mahasiswa peserta KKN dalam melakukan pengabdiannya dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga kepada masyarakat," harapnya.

 

Sementara Ahmad Sholikin selaku ketua pelaksana KKN 2021 menyampaikan, bahwa tepat satu hari sebelum pemberangkatan semua peserta KKN terlebih dahulu dilakukan tes GeNose.

 

“Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penularan di lokasi KKN jika ada yang positif Covid-19,” jelasnya.

 

Dirinya menyebutkan, KKN tersebut terpaksa tetap dilaksanakan karena pihak kampus tidak ingin kelulusan mahasiswanya terkendala, sedangkan pandemi Covid-19 belum diketahui kapan berakhir.

 

“Tentunya, hal ini dilakukan berdasarkan keputusan Rektor Unisda dan koordinasi dengan panitia pelaksana,” pungkasnya.

 

Acara pemberangkatan dipungkasi dengan penyematan jas oleh Bupati Lamongan dan Rektor Unisda kepada dua peserta KKN secara bergantian.

 

 

Sebagai informasi, KKN tematik Covid -19 ini diikuti oleh 435 mahasiswa dan dilakukan di 33 tempat yang tersebar di empat kabupaten, yaitu Lamongan , Gresik , Bojonegoro , dan Tuban.


Pendidikan Terbaru