• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Pendidikan

Dokter RSI Unisma Jelaskan Perbedaan Dokter Gigi dan Bedah Mulut

Dokter RSI Unisma Jelaskan Perbedaan Dokter Gigi dan Bedah Mulut
drg Irwan Baqa, Dokter Spesialis Bedah Mulut RSI Unisma. (Foto: NOJ/TI)
drg Irwan Baqa, Dokter Spesialis Bedah Mulut RSI Unisma. (Foto: NOJ/TI)

Malang, NU Online Jatim

RSI Unisma memiliki berbagai macam pelayanan terbaik untuk kesehatan masyarakat, salah satunya adalah dokter spesialis bedah mulut. Salah satu dokter bedah mulut yang dimiliki RSI Unisma adalah drg Irwan Baqa. Dokter Irwan mengatakan, bahwa dokter bedah mulut melayani keluhan di area mulut, rahang, leher, dan wajah yang lebih spesifik.

 

“Dokter bedah mulut menangani kasus yang spesifik seperti fraktur rahang, tumor, abses, rekonstruksi wajah, dan operasi lainnya,” katanya, Jumat (08/10/2021).

 

Dirinya menjelaskan bahwa spesialisasi antara dokter bedah mulut dan dokter gigi berbeda.

 

“Ketika praktik, dokter gigi akan menangani pelayanan kesehatan (konsultasi), pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagian gigi dan mulut. Jika kondisi gigi memerlukan pembedahan atau operasi, dokter gigi umum akan merujuk Anda untuk konsultasi dan ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut,” menjelaskan.

 

Dokter Irwan menyebutkan, jika pengertian dokter bedah mulut dan dokter gigi serupa tapi tak sama, sampai-sampai masyarakat kerap tidak bisa membedakannya.

 

“Dokter bedah mulut dan dokter gigi ini serupa tapi tak sama. Banyak masyarakat yang tidak paham dengan fungsinya masing-masing,” terangnya.

 

Selain itu, banyak masyarakat yang masih bingung, apakah jika ingin konsultasi atau ditangani oleh dokter bedah mulut harus mendapatkan rujukan dari dokter gigi. Dokter Irwan menjawab bahwa bisa langsung periksa ke dokter bedah mulut jika ada indikasi yang serius.

 

“Sebenarnya tidak selalu harus ke dokter gigi umum terlebih dulu untuk bisa berkonsultasi ke dokter bedah mulut. Bisa langsung periksa ke dokter bedah mulut apabila tahu gejala atau kondisi kesehatan mulut yang dialami ini serius serta membutuhkan penanganan dokter spesialis,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru