• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Pendidikan

Dosen Gizi Unusa Salurkan Makanan Tambahan untuk Tenaga Medis di RSI Jemursari

Dosen Gizi Unusa Salurkan Makanan Tambahan untuk Tenaga Medis di RSI Jemursari
Para dosen Gizi Unusa saat mengirimkan bantuan makanan tambahan di RSI Jemursari Surabaya. (Foto : NOJ/ Rofi'i Bonawi).
Para dosen Gizi Unusa saat mengirimkan bantuan makanan tambahan di RSI Jemursari Surabaya. (Foto : NOJ/ Rofi'i Bonawi).

Surabaya, NU Online Jatim

Tiga dosen Program Studi (Prodi) S-1 Gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan makan tambahan atau food ekstra kepada tenaga medis Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari.

 

Tiga dosen ini terdiri dari Farah Nuriannisa, S.Gz., M.P.H., Rizki Nurmalya K., S.Gz., M.Kes, dan Kartika Yuliani, S.Gz., M.P,H.  Mereka  memberikan makanan tambahan seperti susu dan jus sebagai salah satu program pengabdian masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memenuhi gizi dari petugas medis yang tengah berjuang menangani pasien Covid-19.

 

“Dengan makanan tambahan ini membuat gizi dan kesehatan para tenaga medis yang saat ini tengah berjuang. Jadi tidak hanya makanan utama, dengan makanan tambahan ini lebih terjaga kesehatan mereka,” ucap Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Farah Nuriannisa, S.Gz., M.P.H., Minggu (04/10/ 2020).

 

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk empati atas perjuangan tenaga medis. Sebab, mereka yang menangani pasien Covid-19 juga butuh asupan gizi yang cukup supaya tenaga medis tidak menjadi korban virus berbahaya tersebut seperti di beberapa tempat. “Ini bentuk perhatian kami untuk memenuhi kebutuhan gizinya,” ungkap Farah.

 

Pemberian makanan tambahan ini antara lain susu sejumlah 14 lusin atau 168 kotak susu UHT 200 ml dan 100 botol jus jeruk 200 ml. Pemberian susu karena merupakan sumber protein yang dapat membantu terjadinya pembentukan antibodi sehingga tubuh akan lebih terjaga dari risiko berbagai macam infeksi.

 

 

“Sedangkan jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang berguna sebagai zat antioksidan yang dapat meningkatkan subset dari sel T dan respon limfosit yang merupakan first line dari sistem pertahanan tubuh,” jelas Farah.

 

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan seluruh tenaga medis di RSI Jemursari Surabaya dapat terpenuhi gizinya. Sehingga imunitas atau daya tahan tubuh dapat meningkat dan terhindar dari berbagai macam infeksi, terutama infeksi Covid-19.

 

“Selain manfaat tersebut, pemberian extra food ini juga merupakan bentuk apresiasi atau terima kasih kami kepada seluruh tenaga medis RSI Jemursari Surabaya atas pelayanan, tenaga, dan kerja keras yang diberikan di masa pandemi ini,” pungkas Farah.

 

 


Editor:

Pendidikan Terbaru