• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 18 Mei 2022

Pendidikan

Kolaborasi dengan Perangkat Desa, Mahasiswa Unisma Distribusikan Bansos

Kolaborasi dengan Perangkat Desa, Mahasiswa Unisma Distribusikan Bansos
Pendistribusian Bansos. (Foto: NOJ/humas)
Pendistribusian Bansos. (Foto: NOJ/humas)

Nganjuk, NU Online Jatim

Bantuan Sosial (Bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Babinsa, Bhabinkamtibnas, tenaga kesehatan Desa Batembat dan mahasiswi Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Universitas Islam Malang (Unisma) ikut andil dalam membantu segenap kegiatan desa dalam mendistribusikan Bansos. Bansos tersebut diberikan kepada warga yang terdampak pandemi dan yang melakukan isolasi mandiri di Desa Batembat, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (11/08/2021).

 

Penyaluran Bansos pemerintah ini merupakan kegiatan yang dilakukan perangkat Desa Batembat semenjak merebaknya Covid-19 di Indonesia. Bantuan Sosial ini berasal dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Dinas Sosial di Kabupaten Nganjuk. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meringankan beban pada saat kondisi pandemi Covid-19 ini.

 

“Sudah tiga bulan Bansos tidak berjalan karena kendala penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan kurangnya relawan dalam pendistribusian bantuan sosial ini,” kata Babinsa, Luluk.

 

Pada kesempatan yang sama, tenaga kesehatan Desa Batembat juga menerima bantuan obat-obatan untuk disalurkan ke tiap-tiap rumah warga yang melakukan isolasi mandiri. Selain itu, mahasiswi KSM Unisma juga membagikan beberapa alat protokol kesehatan secara bertahap kepada tiap rumah warga yang tersebar di Desa Batembat.

 

“Kepala Desa Batembat menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang menjadi relawan dalam membantu pendistribusian bantuan sosial dan obat-obatan yang disalurkan untuk rumah-rumah di Desa Batembat,” ujar salah satu tenaga kesehatan, Trias.

 

Melalui kegiatan pendistribusian bantuan sosial ini, mahasiswi KSM Unisma mengajak warga desa untuk bersatu dalam membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

 

Penulis: Silviana Bilqis Elvin Z, Sindy Puji Lestari


Pendidikan Terbaru