• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Pendidikan

KSM Tematik Unisma Ajak Masyarakat Tingkatkan Imunitas dengan Gelar Perlombaan

KSM Tematik Unisma Ajak Masyarakat Tingkatkan Imunitas dengan Gelar Perlombaan
Perlombaan dalam rangka HUT RI ke-76. (Foto: NOJ/humas)
Perlombaan dalam rangka HUT RI ke-76. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik 49 Universitas Islam Malang (Unisma) merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 dengan berbagai kegiatan yang berkolaborasi dengan warga Dusun Precet, Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Selasa (17/08/2021).

 

Berbagai lomba unik diadakan untuk meningkatkan imunitas warga di tengah menyebarnya pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia antara lain balap karung, estafet bendera, kelereng di dalam sendok, dan pecah air. Perlombaan ini diikuti oleh anak-anak dusun yang tergabung dalam TPQ Baiturohman.

 

Salah satu peserta lomba, Sasa mengatakan dirinya sangat senang dengan adanya lomba semacam ini.

 

“Dari pada main HP terus di rumah mending lomba saja kak,” katanya.

 

Salah satu lomba yang menarik perhatian para peserta lomba adalah lomba pecah air. Lomba pecah air ini dilakukan sambil menutup mata lalu memukul plastik besar yang berisi air yang kemudian di gantung dengan tali rafia.

 

Untuk meramaikan suasana, plastik besar berisi air gantungkan dengan tali rafia kemudian dipukul menggunakan kayu, dengan mata tertutup mereka harus berusaha mencari sasaran yang tepat. Semua anak bersorak-sorak menyemangati temannya untuk memukul plastik tersebut. Begitu tepat kena sasaran semua anak kemudian tertawa karena plastik pecah dan mengenai pemukul sehingga basah kuyup.

 

Tujuan lomba ini di selenggarakan untuk meningkatkan imunitas dan melatih ketangkasan anak-anak di Dusun Precet sekaligus sebagai hiburan di tengah pandemi seperti ini. Mereka semua sangat antusias ingin mengadakan lomba seperti tahun-tahun yang lalu di dusun mereka. Walau pun di tengah pandemi dan terik matahari, anak-anak di TPQ tetap bersemangat mengikuti semua kegiatan lomba yang di gelar KSM-Tematik 49.

 

Penulis: Miftahul Khoirun Nisa


Pendidikan Terbaru