• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Pendidikan

Pascasarjana Unisma Jalin Sinergi dengan 2 Kampus Mancanegara

Pascasarjana Unisma Jalin Sinergi dengan 2 Kampus Mancanegara
Penandatanganan MoU Pascasarjana Unisma dengan Minhaj University Lahore (MUL) dan Minhaj Welfare Foundation. (Foto: NOJ/ infodiknas.com)
Penandatanganan MoU Pascasarjana Unisma dengan Minhaj University Lahore (MUL) dan Minhaj Welfare Foundation. (Foto: NOJ/ infodiknas.com)

Malang, NU Online Jatim

Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) gencar melakukan kerja sama dengan berbagai instansi. Di antara yang dilakukan baru-baru ini ialah penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan dua kampus mancanegara, yaitu Minhaj University Lahore (MUL) dan Minhaj Welfare Foundation yang dipusatkan di Ruang Pusat Studi Unisma Malang.

 

Direktur Pascasarjana Unisma, Prof M Mas'ud Said mengatakan, inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kunjungannya bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke Britania Raya pada 2023 lalu.

 

“Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan penelitian, penyelenggaraan pendidikan, dan pelayanan masyarakat,” ujar Prof Mas’ud di Malang.

 

Ia mengatakan, kegiatan strategis ini dapat menjadi cikal bakal untuk memberikan berkontribusi lebih luas. Menurutnya, penandatanganan MoU ini akan menandai babak baru dalam kemitraan antara Unisma dan Minhaj University Lahore.

 

“Dengan kerja sama ini, akan semakin memperkuat pertumbuhan dan pengembangan bersama di bidang pendidikan dan pelayanan masyarakat ataupun dapat lebih berkembang pada bidang lainnya,” katanya.

 

Dalam kesempatan itu, Managing Director Minhaj Foundation, Faisal Hussain menjelaskan awal pembentukan Minhaj-ul-Quran di Pakistan. Selain itu, ia menjelaskan perkembangan oleh diaspora Pakistan di Inggris.

 

Kemudian, Minhaj-ul-Quran memiliki badan di bawahnya yang fokus terhadap sosial, yakni Minhaj Welfare Foundation. Badan ini fokus pada pada zakat, infak, wakaf, sedekah, dan kegiatan sosial kemanusiaan.

 

Berikutnya, Operations Director Minhaj Foundation, Adnan Sohail membahas perkembangan Islam di Inggris dengan dinamikanya. Dalam perkembangannya, banyak tantangan yang dihadapi setelah munculnya stereotip negatif terhadap Islam di masyarakat Barat.

 

“Bahkan, umat Islam mengalami kehilangan identitas akibat globalisasi informasi yang tidak didukung dengan penanaman karakter keislaman,” tuturnya.

 

Turut hadir perwakilan dari Minhaj Foundation lainnya, yaitu Muhammad Imran Qureshi sebagai finance director. Sedangkan dari Minhaj University Lahore diwakili oleh kepala registrasi Mr Khurram Shahzad.


Pendidikan Terbaru