• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pendidikan

Tarik Minat Belajar, Mahasiswa Unisma Kembangkan Untangling Geometric Ideas

Tarik Minat Belajar, Mahasiswa Unisma Kembangkan Untangling Geometric Ideas
Penerapan model pembelajaran Untangling Geometric Ideas kepada siswa SD. (Foto: NOJ/humas)
Penerapan model pembelajaran Untangling Geometric Ideas kepada siswa SD. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Seminggu lalu Universitas Islam Malang (Unisma) kembali mendapatkan penghargaan atas lolosnya lima mahasiswa dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Artikel Ilmiah (AI). Salah satu diantaranya yaitu tim mahasiswa pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Unisma yang merupakan luaran dari Program Penguatan Karakter Ilmiah (PPKI). Personil Tim PKM-AI itu terdiri atas Uswatun Khasanah, Sanuriah dan Nurrahmi.

 

Tujuan kajian yang dilakukan Tim PKM-AI adalah untuk menarik minat pembelajaran siswa SD melalui pembelajaran kreatif atau istilahnya Untangling Geometric Ideas. Mereka turut berperan aktif untuk mengatasi permasalahan yang ada selama pembelajaran online akibat pandemi.

 

“Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesulitan penyerapan materi matematika secara online. Tim kami berinisiatif menggunakan model pembelajaran Untangling Geometric Ideas agar siswa tetap mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan terlibat langsung pada setiap proses pembelajaran,” kata Uswatun sebagai ketua tim.

 

Tim PKM-AI Prodi Pendidikan Matematika Unisma yang dibimbing Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi ini berhasil mengembangkan idenya dalam artikel ilmiah dan mendapatkan insentif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

“Di saat pandemi ini saya ingin berpartisipasi dan terjun langsung pada peserta didik yang membutuhkan bantuan pembelajaran terutama pada pelajaran matematika” tutur Uswatun.

 

Usaha gigih serta doa menjadi acuan dalam keberhasilan suatu kehidupan, seperti pada surat Ar-Rad ayat 11 yang menyebutkan bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

 

Atas keberhasilan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unisma ini, mengundang apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya dari Ketua Prodi Pendidikan Matematika.

 

“Saya ikut bangga dengan prestasi mereka, semoga ilmu yang mereka peroleh menjadi berkah dan bermanfaat. Semoga keberhasilan tim ini dapat menginspirasi mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika lainnya. Aamin,” ujar Alifiani, Ketua Prodi Pendidikan Matematika Unisma.


Pendidikan Terbaru