• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Pendidikan

Tips Tembus Jurnal Internasional Kata Dosen BSA UIN Malang

Tips Tembus Jurnal Internasional Kata Dosen BSA UIN Malang
Suasana pelatihan jurnal ilmiah bereputasi Internasional. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Suasana pelatihan jurnal ilmiah bereputasi Internasional. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Jurnal Internasional merupakan idaman bagi pendidik perguruan tinggi dalam menambah jejak karya ilmiah. Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Dr Abdul Basid menjadi narasumber dalam acara pelatihan jurnal ilmiah bereputasi Internasional.


Dirinya mengungkapkan, kiat-kiat praktis untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas poin utama harus dimiliki adalah niat dan komitmen yang kuat. Komitmen yang kuat menjadi modal terpenting bagi penulis agar sebagian waktunya di sisihkan untuk menulis.


"Pertama niat dan komitmen yang kuat harus kita miliki agar tulisan kita jadi," ungkapnya di Aula lantai 3 Gedung Pusat Bahasa UIN Maliki Malang, Jum’at (22/07/2022).


Dosen yang sudah menerbitkan puluhan artikel ilmiah tersebut mengajak peserta pelatihan untuk mengenali pengenalan dan penguasaan instrumen. Ia menyarankan untuk memahami ruang lingkup dan bidang yang akan ditulis. Menulis hal yang dekat dengan dunia penulis menjadi cara yang paling efektif karena karya sesuai dengan bidang yang ia tekuni.


"Tulislah apa yang dekat denganmu, bukan dunia yang jauh darimu (best access)," paparnya.


Pria yang juga Ketua Prodi BSA tersebut memberikan semangat kepada peserta pelatihan untuk tidak takut mengirimkan tulisannya ke jurnal yang dituju karena semua berangkat dari usaha maksimal mencapai satu tujuan tembus jurnal. Ia melanjutkan, terkait yang diterima atau ditolak menjadi masalah yang di kesampingkan oleh setiap penulis.


“Bisa jadi apa yang menurut penulis tidak akan menjadi sesuatu yang menarik bagi pihak pengelola jurnal. Kirim saja tulisan yang sudah jadi, namun yang penting kita harus memperhatikan template jurnal yang kita tuju. Urusan ditolak itu masalah kesekian," tutupnya.


Pendidikan Terbaru