• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Maret 2023

Pendidikan

Wamentan Dorong Mahasiswa Unisma Kembangkan Sektor Pertanian

Wamentan Dorong Mahasiswa Unisma Kembangkan Sektor Pertanian
Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan bantuan benih dan alat mesin pertanian kepada pimpinan pondok pesantren di Malang raya. (Foto: NOJ/Republika.co.id)
Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan bantuan benih dan alat mesin pertanian kepada pimpinan pondok pesantren di Malang raya. (Foto: NOJ/Republika.co.id)

Malang, NU Online Jatim

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mendorong ribuan mahasiswa dan santri di Kota Malang untuk turun langsung mengembangkan sektor pertanian Indonesia agar lebih kuat dan modern. Hal tersebut disampaikannya saat memberi kuliah umum di Universitas Islam Malang (Unisma), Rabu (11/01/2023).


"Mahasiswa dan santri punya potensi yang sangat baik untuk mengembangkan sektor pertanian. Oleh karena itu, kita harus bisa memberdayakan mereka melalui berbagai program pertanian. Salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat atau KUR," ujarnya.


Menurut Harvick, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian menjadi sangat penting dalam memperkokoh tulang punggung ekonomi Nasional. Terutama dalam menghadapi berbagai gejolak dan krisis global. Pesantren memiliki SDM unggul dalam membaca perkembangan dunia. Para santri dan mahasiswa harus menjadi entrepreneur muda berbasis pertanian.


“Jadi kalian tidak hanya belajar kitab kuning, tetapi juga berpartisipasi menjaga ketahanan pangan. Kalian harus lebih produktif lagi di bidang pertanian," terangnya.


Di tempat yang sama, Rektor Unisma, Prof Maskuri berharap, para santri dan mahasiswa mampu mengubah mindset masyarakat agar menjadikan pertanian sebagai tujuan utama dalam mengembangkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan mereka.


"Buat para alumni fakultas pertanian dan buat seluruh santri kalian tidak lagi harus tertuju ke kota, tetapi fokus mengembangkan bisnis di desa-desa. Jadikan pertanian masa depan sebagai magnet untuk mengembangkan sumber daya di Indonesia," ungkapnya.


Sementara Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, kehadiran mahasiwa dan santri diyakini mampu menguatkan daya ekonomi masyarakat di Kota Malang. Diharapkan mereka akan menjadi garda terdepan dalam menjawab persoalan-persoalan pertanian Indonesia.


"Maka dari itu, kegiatan ini penting dan juga menjadi solusi dari persoalan mayoritas masyarakat petani kita," katanya.


Sebagai informasi, dalam kegiatan ini Wamentan Harvick turut menyerahkan sejumlah bantuan kepada pimpinan pondok pesantren di Malang raya. Adapun bantuan tersebut berupa benih unggul dan alat mesin pertanian.


Usai mengisi Kuliah Umum di Unisma, Wamentan mengunjungi Eco Pesantren di Pondok Pesantren Bahrul Maghrifoh, Desa Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru. Kunjungannya tersebut sekaligus meninjau sejumlah hasil olahan produk pertanian yang dikelola oleh para santri.


Pendidikan Terbaru