Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Alhamdulillah Memiliki Pakaian Baru, Ini Doa yang Dianjurkan

Alhamdulillah Memiliki Pakaian Baru, Ini Doa yang Dianjurkan
Saat mendapatkan rejeki, dianjurkan dengan membaca doa. (Foto: NOJ/Hhd)
Saat mendapatkan rejeki, dianjurkan dengan membaca doa. (Foto: NOJ/Hhd)

Tidak banyak yang bisa memiliki barang baru, termasuk pakaian. Pakaian baru biasanya menambah percaya diri dan menumbuhkan semangat baru. Hal ini cukup lazim mengingat pakaian baru memiliki bahan lebih muda dan warna yang lebih tajam. Pakaian baru bisa berbentuk baju, celana, kerudung, tas, sepatu, ikat pinggang, jas, rok, dasi, jaket, dan jenis pakaian lainnya.

 

Hanya saja kita perlu bersyukur atas hadirnya pakaian baru. Di samping itu orang yang memiliki pakaian baru dianjurkan membaca doa seperti berikut ini.

 

اللَّهُمَّ لَك الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتنِيهِ أَسْأَلُك خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ ، وَأَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

 

Allâhumma lakal hamdu, anta kasautanîhi as’aluka khairahû wa khairamâ shuni‘a lah. Wa a‘ûdzu bika min syarrihî wa syarrimâ shuni‘a lah.

 

Artinya: Tuhanku, segala puji bagi-Mu. Engkau yang mengenakanku pakaian. Aku minta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang dilakukan dengan pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan yang dilakukan dengan pakaian ini.

 

Selain doa di atas, bisa juga kita membaca doa berikut ini sebagai alternatif. Keduanya merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي مَا أُوَارِي بِهِ عَوْرَتِيْ وَأَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي

 

Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwârî bihî ‘auratî, wa atajammalu bihi fî hayâtî.

 

Artinya: Segala puji bagi Allah yang mengenakanku pakaian yang menutupi aurat dan aku dapat berhias dengannya.

 

Kedua doa ini dicantumkan oleh Imam an-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Wallahu a‘lam.​​

Iklan promosi NU Online Jatim