Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Harlah NU di Sidoarjo Bakal Dihadiri Kiai Said saat Seminar

Harlah NU di Sidoarjo Bakal Dihadiri Kiai Said saat Seminar
Panitia Harlah NU Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo mengadakan rapat koordinasi pertama di aula kantor PCNU, dengan agenda persiapan penyelenggaraan seminar nasional, Kamis (14/01/2021) lalu.(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Panitia Harlah NU Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo mengadakan rapat koordinasi pertama di aula kantor PCNU, dengan agenda persiapan penyelenggaraan seminar nasional, Kamis (14/01/2021) lalu.(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Nahdlatul Ulama (NU) akan memperingati hari kelahirannya (Harlah) yang ke-95 menurut kalender masehi pada tanggal 31 Januari 2021 dan ke-98 menurut kalender hijriyah pada tanggal 16 Rajab 1442 H akan datang.

 

Harlah NU digelar sebagai ungkapan rasa syukur dan meneguhkan aktualisasi prinsip-prinsip NU, baik di bidang agama, sosial maupun berbangsa dan bernegara.

 

Dalam menyemarakkan Harlah NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar seminar nasional dengan mengusung tema “Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme dalam Perspektif Membangun Kejayaan NU dan NKRI” yang akan dilangsungkan di aula kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (31/01/2021).

 

Muhammad Arisy Karomy, Sekretaris panitia Harlah NU mengatakan, pihaknya akan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Ketua Umum Pimpinan Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dan Menko Polhukam H Mahfud MD.

 

“Selain itu juga akan hadir sebagai narasumber, mantan napi teroris dan pengamat gerakan radikalisme Ustadz Nashir Abbas, serta Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) Prof H Masdar Hilmy. Ketua PCNU Sidoarjo KH Maskhun yang akan memoderatori langsung seminar ini,” kata Gus Arisy, sapaan akrabnya, Jum’at (29/01/2021).

 

Gus Arisy menerangkan, dikarenakan masih dalam Pandemi Covid-19, panitia membatasi jumlah tamu undangan, dan seminar akan digelar semi virtual. Bagi yang tidak berkesempatan hadir langsung, bisa mengikuti seminar secara virtual.melalui Zoom dan YouTube.

 

“Dalam seminar nanti panitia hanya menghadirkan sekitar 60 orang saja. Tamu undangan tersebut antara lain pengurus PCNU (Mustasyar, Syuriyah, Tanfidz, dan A’wan). Selanjutnya adalah Ketua lembaga, Badan aset dan kemaritiman PCNU, Ketua PC Banom, Ketua Aswaja NU Center Sidoarjo, serta tamu undangan lainnya,” terangnya.

 

Lebih lanjut, Gus Arisy menegaskan, tujuan digelarnya acara ini untuk menggali kembali nilai-nilai dan semangat perjuangan dari para muassis dan penerus perjuangan jamiyah NU untuk diimplementasikan ke dalam jamiyah dimasa kini melalui pengurus dan jamaah NU, lebih khusus untuk para generasi muda.

 

“Diharapkan, semangat masa-masa awal itu dapat terwarisi dan tersambung kembali pada generasi sekarang, untuk kejayaan Nahdlatul Ulama,” tegas Gus Arisy.

 

 

Sementara itu, Sie Humas Harlah NU, Mukhzamilah mengutarakan, panitia akan melakukan rapat koordinasi akhir, Sabtu (29/01/2021). Ia menambahkan, narasumber yang akan hadir bertatap muka dalam seminar nanti yakni Ustadz Nashir Abbas dan H Masdar Hilmy.

 

“Peserta  yang hadir dibatasi hanya untuk internal NU dengan mengikuti protokol kesehatan ketat. Bagi yang lainnya semoga bisa mengikuti seminar secara virtual,” ujarnya.

 

Editor: Romza

 

PWNU Jatim