• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Nuzzulul Ulum, Doktor Baru Universitas Islam Jember

Nuzzulul Ulum, Doktor Baru Universitas Islam Jember
Nuzzulul Ulum (tengah) setelah melaksanakan ujian terbuka program doktor. (Foto: NOJ/AR)
Nuzzulul Ulum (tengah) setelah melaksanakan ujian terbuka program doktor. (Foto: NOJ/AR)

Jember, NU Online Jatim

Universitas Islam Jember (UIJ), termasuk perguruan tinggi swasta yang cukup progresif mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Terbaru, Nuzzulul Ulum berhasil menyelesaikan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Dosen Fakultas Tarbiyah UIJ itu sah memasang gelar doktor di depan namanya setelah mempertahankan desertasinya dalam ujian terbuka di gedung Pascasarjana IAIN Jember, Senin (25/01/2021).

 

Ulum mengangkat tema “Kepemimpinan Pengasuh dalam Perubahan Pondok Pesantren Darus Sholah Jember”. Dalam desertasinya itu, ia menegaskan bahwa figur pengasuh pada institusi pondok pesantren dapat membawa pengaruh terhadap kemajuan dan perkembangannya. 

 

"Pesantren Darus Sholah telah mengalami tiga kali pergantian pengasuh, yaitu KH Yusuf Muhammad, KH Nadlir Muhammad, dan saat ini Nyai Hj Rosyidah Yusuf. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda dalam berkomunikasi, menentukan langkah-langkah dan komitmen dalam melakukan perubahan di pesantren," katanya.

 

 

Meski berbeda-beda pola kepemimpinan dan cara komunikasinya, namun dapat dipastikan setiap pengasuh mempunyai komitmen kuat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan maju baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut ditandai dengan kedekatan psikologis dengan organisasi (pesantren), dan hubungan dengan organisasi.

 

“Serta keinginan untuk tetap sebagai bagian dari organisasi, ambisi kuat untuk memajukan pondok pesantren menjadi yang lebih baik dan maju dengan tetap didasari nilai-nilai ajaran agama,” jelasnya kepada tim penguji melalui fasilitas virtual. 

 

Ulum adalah doktor kesembilan di UIJ. Dari sembilan doktor itu, lima berasal dari fakultas tarbiyah dan sisanya terbagi di dalam beberapa fakultas di perguruan tinggi milik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember itu.

 

 

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru