Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

LAZISNU Jatim Siap Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam

LAZISNU Jatim Siap Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam
Silakan berdonasi demi meringankan beban korban bencana alam. (Foto: NOJ/LAZISNU)
Silakan berdonasi demi meringankan beban korban bencana alam. (Foto: NOJ/LAZISNU)

Surabaya, NU Online Jatim

Bencana alam menimpa sejumlah kawasan di Indonesia, khususnya di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Karenanya, dibutuhkan kepedulian berbagai kalangan untuk meringankan beban para korban terdampak.

 

Sebagai bentuk rasa simpati atas jatuhnya korban jiwa dan rusaknya fasilitas umum serta rumah penduduk, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur membuka donasi. Bantuan akan langsung dikirim kepada korban bencana alam.

 

A Afif Amrullah mengatakan, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa penduduk Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

 

“Tentu kami dari keluarga besar NU Jawa Timur, turut prihatin dan juga berduka cita atas musibah di Sulawesi Barat maupun Kalimantan Selatan,” kata Ketua NU Care-LAZISNU Jatim tersebut saat dihubungi media ini, Sabtu (16/01/2021).

 

Dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya itu memaparkan, ada instruksi dari KH Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jatim untuk berkordinasi dengan NU Care-LAZISNU pusat dan daerah. Termasuk sejumlah lembaga seperti, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Barisan Ansor Serbaguna (Banser), dan sebagainya.

 

“Dan setelah mendapatkan arahan  dari Ketua PWNU Jatim, kami langsung melakukan koordinasi,” ungkapnya.

 

Hal tersebut dilakukan baik secara vertikal dengan Pengurus Pusat (PP) LAZISNU pusat dan di beberapa daerah. Serta tentu saja melibatkan lembaga yang setingka PWNU, seperti LPBINU, Banser, dan sebagainya.

 

Pola yang digunakan untuk langkah pertama adalah membuat langkah penggalangan dana. Hal tersebut agar terkumpul dan bisa disalurkan kepada korban terdampak di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

 

“Pada tahap pertama ini, kami melakukan proses penggalangan dana dulu dan kita akan segera mengirim bantuan awal ke tempat-tempat tersebut,” terangnya.

 

Afif menyayangkan karena tidak bisa ikut membantu langsung ke lokasi bencana, karena kondisi dan situasi masih dalam keadaan pandemi. Namun kepercayaan penuh jika relawan di sana bisa membantu dengan semaksimal mungkin.

 

“Sementara kami memang belum bisa melakukan proses pengiriman relawan, karena kita tahu masih dalam masa pandemi,” terangnya. Namun demikian, proses recovery maupun bantuan relawan kepada yang ada di Kalimantan Selatan maupun Sulawesi Barat, lanjutnya.

 

Sedangkan langkah selanjutnya adalah melakukan penggalangan lewat beberapa bank, yakni Bank Syariah Mandiri: (351) 177-7777-757 an. Infaq Lazisnu Jatim dan BCA: (014) 429-8624-999 an. YAY Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqoh Nahdlatul Ulama. Para penyumbang hendaknya melakukan konfirmasi lewat nomor 089630092626. 

 

“Masyarakat ataupun Nahdliyin di Jawa Timur bisa ikut serta membantu para korban dengan berdonasi melalui LAZISNU, baik di tingkat wilayah maupun cabang, MWCNU, maupun di tingkat desa,” papar Afif.

 

Dirinya juga berharap saudara di lokasi bencana diberikan keselamatan dan kemudahan. Pada saat yang sama, bantuan NU Care-LAZISNU Jatim dapat segera tiba di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

 

“Ini nanti akan kita kirim ke sana dan semuanya kita doakan mudah-mudahan diberikan kemudahan, kekuatan, keselamatn oleh Allah SWT,” harapnya.

 

Editor: Syaifullah

PWNU Jatim Harlah