Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Logo Harlah ke-95 NU Diluncurkan, Berikut Makna Filosofinya

Logo Harlah ke-95 NU Diluncurkan, Berikut Makna Filosofinya
Logo hari lahir ke-95 Nahdlatul Ulama. (Foto: NOJ)
Logo hari lahir ke-95 Nahdlatul Ulama. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim

Nahdlatul Ulama akan memasuki usia ke-95 tahun pada 31 Januari 2021 mendatang. Kesekretariatan Pengurus Besar  Nahdlatul Ulama (PBNU) telah meluncurkan logo resmi yang dapat digunakan untuk menyambut usia jamiyah terbesar ini.

 

Pada ulang tahun atau harlah kali ini, tema yang diangkat adalah Khidmah NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan.

 

Menurut desainer logo, Dain Nur Rafita Ardani Rahmansyah bahwa ada makna filosofis terkandung dalam logo yang waktu pengerjaannya membutuhkan waktu beberapa hari.

 

 

Dalam desain tersebut terdapat dua bulatan yang menggabungkan angka sembilan dan lima di bagian tengah. Dua bulatan yang berbentuk seperti angka delapan ini dibuat dengan satu tarikan garis memiliki makna konsistensi atau keajekan.

 

"Ini sesuai tema yang diusung yaitu konsistensi khidmah NU dalam menyebarkan Aswaja dan meneguhkan komitmen kebangsaan, serta konsistensi dalam membawa Islam yang rahmatan lil alamin," jelas Dian kepada NU Online, Ahad (17/01/2021).

 

Pada visualisasi yang dipadu dengan logo NU di atasnya dan tanggal serta tahun kelahiran NU di bawahnya ini, ada dua warna yang dominan yakni warna emas dan hijau. Bukan tanpa alasan dua warna ini dipadukan dengan apik sehingga mewujudkan logo yang terlihat bersinar.

 

"Warna emas menggambarkan kemuliaan, hijau melambangkan kedamaian," jelas Dian.

 

Saat penggarapan, Dian mengungkapkan beberapa langkah dan kompleksitas dalam mewujudkan desain ini. Memang menurutnya, kesulitan yang dihadapi para desainer logo adalah mencari konsep dan memvisualisasikan tema.

 

"Biasanya konsep udah nemu, tapi nggak nyambung sama tema," ungkapnya.

 

Namun, dengan kesungguhan dan pengalaman dalam dunia desain, akhirnya ia bisa mewujudkan logo Harlah Ke-95 NU untuk tahun 2021. Logo ini nantinya bakal banyak terwujud dalam berbagai media seperti umbul-umbul, bendera, dan berbagai suvenir.

 

 

Pihak NU Online Jatim sendiri sudah mengenalkan logo yang ada kepada sejumlah kalangan. Bahkan beberapa mitra menyambut dengan antusias yang dibuktikan dengan ucapan atas hari lahir kali ini.

 

“Alhamdulillah, Rektor Unusa, Unair dan Unuja sudah memberikan ucapan. Demikian pula beberapa wakil rakyat turut berpartisipasi,” kata Rofi'i Boenawi.

 

Manajer Bisnis dan Keuangan NU Online Jatim teresebut berharap semakin banyak pihak yang turut memberikan ucapan. Hal tersebut tentu sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan atas pencapaian yang telah dilakukan NU.

 

“Semoga dengan usia yang memasuki 95 tahun ini semakin banyak kiprah yang diberikan NU untuk agama, bangsa dan masyarakat,” pungkasnya.

PWNU Jatim Harlah