Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Sidoarjo Bakal Bentuk Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19

NU Sidoarjo Bakal Bentuk Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19
Rapat koordinasi virtual PCNU Sidoarjo bersama seluruh Ketua Lembaga dan Banom, serta Ketua MWCNU se-Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/LYR).
Rapat koordinasi virtual PCNU Sidoarjo bersama seluruh Ketua Lembaga dan Banom, serta Ketua MWCNU se-Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/LYR).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PCNU Sidoarjo menggelar rapat koordinasi secara virtual bersama seluruh Ketua Lembaga dan Badan otonom (Banom), serta Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Sidoarjo, Kamis (22/07/2021).

 

Ketua Satgas Covid-19 PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin menuturkan, rapat koordinasi tersebut sebagai tindak lanjut dari surat instruksi PCNU Sidoarjo beberapa waktu lalu, terkait rencana penggalangan dana dengan melibatkan masing-masing banom di tingkatan cabang dan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Hal ini guna membantu meringankan beban masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

 

“Jadi, rapat kemarin sore itu untuk menyatukan langkah dan strategi dalam melakukan penggalangan dana,” ujar Kiai Zainal kepada NU Online Jatim, Jum’at (23/07/2021).

 

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta untuk MWCNU se-Kabupaten Sidoarjo agar mengaktifkan kembali Satgas Covid-19 yang pada tahun 2020 lalu sudah terbentuk dan melakukan penggalangan dana.

 

“Di mana penggalangan dana tersebut sampai di tingkat ranting yang bertujuan untuk membantu isoman,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut, Kiai Zainal menegaskan, dalam pertemuan ini pihaknya juga menyampaikan agenda PCNU Sidoarjo yang akan menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah Covid-19. Selanjutnya, PCNU Sidoarjo juga akan menerbitkan surat edaran perihal ini.

 

Adapun pesertanya adalah Modin desa, pengurus Ranting NU, Fatayat NU, dan Muslimat NU. Sedangkan pelatihnya adalah kader yang kemarin sudah ikut Training of Trainer (TOT) pemulasaraan jenazah di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo

 

“Pelatihan itu pekan depan sudah bisa kita mulai dan rencananya akan dilaksanakan di masing-masing MWCNU se-Kabupaten Sidoarjo,” jelas Wakil Ketua PCNU Sidoarjo tersebut.

 

Dirinya berharap, setelah tersedianya tenaga relawan pemulasaraan Covid-19 ini, nantinya apabila ada warga isoman yang meninggal dunia akan langsung bisa diurus oleh kader-kader NU yang ada di masing-masing ranting atau MWCNU.

 

Terkait hal ini, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

 

 

“Saya kira masih ada waktu beberapa hari untuk melakukan koordinasi atau setidaknya pemberitahuan kepada pihak terkait,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 PWNU Jatim