Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peringati Harlah Ke-67, Ini Rangkaian Kegiatan IPNU Jatim

Peringati Harlah Ke-67, Ini Rangkaian Kegiatan IPNU Jatim
E-pamflet kegiatan PW IPNU Jatim dalam rangka Harlah ke-67.
E-pamflet kegiatan PW IPNU Jatim dalam rangka Harlah ke-67.

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur (Jatim) menyiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) IPNU ke- 67.

 

Choirul Mubtadi'in, Ketua PW IPNU Jatim mengatakan, dalam rangka memperingati Harlah pihaknya akan menggelar serangkaian kegiatan. Tujuannya untuk mengingatkan sejarah perjuangan IPNU pada zaman dahulu hingga sekarang. Serta meningkatkan tali silaturahmi antar IPNU se- Indonesia khususnya wilayah Jatim.

 

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini, yang pertama mengingatkan sejarah berdirinya IPNU dan mengambil hikmah sekaligus strategi-strategi dalam mengembangkan IPNU pada zaman dulu yang tentunya sampai saat ini juga banyak yang diadopsi untuk diterapkan," katanya, Rabu (24/02/2021).

 

Selain itu, ia mengatakan IPNU dulu, IPNU sekarang dan IPNU yang akan datang harus saling bersinergi untuk menyongsong IPNU ke depan yang lebih baik. IPNU ini tidak serta merta dibuat seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bangun tidur, tidur bangun atau mati.

 

Tapi IPNU sampai dengan umurnya ke- 67 ini masih tegak, masih bisa eksis, mengeksplorasi diri dan mampu berjalan seiringan dengan perkembangan zaman. "Terbukti bahwa IPNU dengan tantangan tersebut mampu beradaptasi dan berinovasi dengan adanya problematika problematika yang terjadi saat ini," pungkasnya.

 

Adapun rangkaian kegiatannya terdiri dari Sayembara Menulis bertema IPNU Educare: Manfaat dan Kebermanfaatannya untuk Pelajar mulai tanggal 20 Februari - 17 Maret 2021, dan Story Telling yang diadakan oleh PW IPNU Educare.

 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi relawan IPNU Educare dan menceritakan pengalaman relawan IPNU Educare. Timeline sayembara menulis pada 13 Maret 2021 akan ada presentasi 5 terbaik, penilaian yang dicakup human interest, narasi cerita, ketepatan gaya bahasa dan teknis penulisan.

 

Pemenang juara akan diambil 3 terbaik yang mana akan mendapatkan sertifikat, uang pembinaan dan merchandise serta karya yang terpilih akan di muat dalam sebuah buku. Pengumuman dan temu relawan IPNU Educare akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021.

 

Sedangkan Story Telling, isi cerita yang dilombakan antara lain, motivasi menjadi relawan, suka dan duka menjadi relawan, manfaat menjadi relawan, inovasi kegiatan IPNU Educare, harapan untuk pelajar Indonesia, ajakan untuk menjadi relawan dan bisa ditambahkan isi cerita lainnya. Adapun timelinenya, pada tanggal 13 - 15 Maret 2021 akan dilakukan vote video melalui YouTube 'IPNUA Channel Jatim'.

 

Pemenang juara akan diambil 3 terbaik yang mana akan mendapatkan sertifikat, uang pembinaan dan merchandise serta para juara akan di undang live di TV 9. Pengumuman dan temu relawan IPNU Educare akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021.

 

Puncak acara rangkaian ini adalah tasyakuran yang digelar hari ini, 24 Februari 2021. Kegiatannya yakni refleksi harlah oleh KH Munsyif Nahrowi (Sekretaris ke III KH Tolhah Mansyur), Abah Sholeh Hayat (Ketua PW IPNU Jatim 1979 - 1982). Dilanjutkan dengan potong Tumpeng di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.

 

 

Acara ini juga dihadiri oleh Asrorun Ni'am (Deputi II Kemenpora RI) serta H Muzammil Syafi'I, Ketua Majelis Alumni IPNU Jatim.

 

Penulis: Indra Nurdien Hakim

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim