• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Metropolis

PWNU Sokong Penanganan Covid-19 di Bangkalan, Salurkan Ribuan Masker dan APD

PWNU Sokong Penanganan Covid-19 di Bangkalan, Salurkan Ribuan Masker dan APD
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar menyerahkan ribuan lembar masker kepada pengurus LPBI NU Bangkalan untuk membantu penanganan Covid-19 di sana, Rabu (09/06/2021)
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar menyerahkan ribuan lembar masker kepada pengurus LPBI NU Bangkalan untuk membantu penanganan Covid-19 di sana, Rabu (09/06/2021)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul (PWNU) Jawa Timur turut membantu Pemerintah Provinsi Jatim dalam upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura. Selain berkoordinasi dengan tokoh agama dan masyarakat setempat, PWNU juga melakukan langkah nyata, di antaranya menyalurkan bantuan ribuan masker dan alat pelindung diri (APD).

 

Pada Rabu (09/06/2021), sekira lima puluh ribu lembar masker disalurkan PWNU Jatim melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Bangkalan. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar di kantor PWNU Jatim.

 

“Donasi itu dari Paguyuban Tionghoa Surabaya dan tadi langsung diberikan oleh Alim Markus memang mau diperuntukkan untuk Bangkalan melalui PWNU Jawa Timur,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim KH Ahsanul Haq kepada NU Online Jatim.

 

Di hadapan Kiai Marzuki, Alim Markus menyampaikan memilih PWNU Jatim sebagai perantara karena warga Madura, termasuk Bangkalan, karena tingkat ketaatan warga Madura kepada kiai dan ulama masih tinggi. Dengan begitu Kiai Ahsan meyakini bila kiai mengimbau warga memakai masker bakal dilaksanakan, apalagi langsung diberikan masker.

 

Berdasarkan penuturan Kiai Marzuki, ia menyampaikan bahwa penularan Covid-19 di Bangkalan sudah mulai bisa dikendalikan dan terlokalisasi. PWNU Jatim juga menaruh perhatian atas peningkatan kasus Covid-19 di Bangkalan dan mendukung pemerintah dalam menangani itu.  

 

“InsyaAllah nanti sore juga ada bantuan dari PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Jawa Timur ada bantuan seribu APD (disalurkan melalui PWNU Jatim),” kata Kiai Ahsan.

 

Tidak hanya PWNU Jatim, tokoh agama dan tokoh masyarakat lokal juga bersama-sama mendukung dan membantu pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 di Bangkalan. Ketua MU Bangkalan KH Syarifuddin Damanhuri menyerukan dan meminta warga tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mematuhi protokol kesehatan lainnya.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru