• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

LPBINU Lumajang Adakan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana terhadap Relawan

LPBINU Lumajang Adakan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana terhadap Relawan
Pembukaan pelatihan kesiapsiagaan bencana 2024 yang dilakukan oleh LPBINU Lumajang. (Foto: NOJ/ISt)
Pembukaan pelatihan kesiapsiagaan bencana 2024 yang dilakukan oleh LPBINU Lumajang. (Foto: NOJ/ISt)

Lumajang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama (LPBINU) Lumajang mengadakan pelatihan kesiapsiagaan bencana untuk relawan untuk melatih ketangkasan dan fisik calon relawan LPBINU se-Kabupaten Lumajang.


Kegiatan ini bertempat di Kantor PCNU Lumajang Jalan Alun-Alun Timur Kelurahan Tompokersan, Lumajang pada Jum'at-Ahad (05-07/01/2024).


Ketua LPBINU Lumajang, H Ali Su'ud mengatakan, kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana ini untuk melatih para calon relawan untuk menghadapi segala kondisi saat bencana datang.


"Acara dimulai dari PCNU Lumajang yang dibuka langsung oleh Ketua PCNU Gus Darwis, beliau mengapresiasi langkah dan semangat LPBINU meskipun tanpa gaji dan fisik lelah tetap jadi garda terdepan demi penanganan dan penanggulangan bencana di Lumajang," ujarnya.


Menurutnya, pelatihan dari LPBINU Lumajang ini merupakan agenda tahunan yang harus dilaksanakan. Di tahun 2024, LPBINU tetap menjaga eksistensinya pada NU dan masyarakat.


“Melalui pelatihan ini masyarakat akan mengerti dan bisa melihat kegiatan yang dilakukan oleh NU agar tidak mudah hilang dihempas angin, dan bisa memberikan manfaat yang akan sukses sampai akhirat," ungkapnya.


Pihaknya berharap, setelah diadakan kegiatan ini seluruh peserta sadar akan adanya bencana yang nantinya bisa menanggulanginya jika melanda di Kabupaten Lumajang. Pelatihan ini diharapakan bisa memupuk semua peserta yang hadir sebanyak 16 orang dari beberapa delegasi yang diutus oleh perwakilan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di masing-masing kecamatan.


“Sehingga para peserta sadar bila nanti sudah selesai pelatihan bisa melakukan penanggulangan jika suatu bencana melanda di Kabupaten Lumajang," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru