• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 25 Januari 2022

Madura

NU Peduli Semeru

Ketua LPBINU Sampang: Kepedulian kepada Korban Semeru adalah Ibadah

Ketua LPBINU Sampang: Kepedulian kepada Korban Semeru adalah Ibadah
Ketua LPBI NU Sampang, Umar Faruq (Kopiah Hitam) saat menghadiri salah satu kegiatan NU di Sampang. (Foto: NOJ/Fahromi N)
Ketua LPBI NU Sampang, Umar Faruq (Kopiah Hitam) saat menghadiri salah satu kegiatan NU di Sampang. (Foto: NOJ/Fahromi N)

Sampang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Sampang membuka dompet donasi bagi semua pihak yang ingin membantu masyarakat terdampak erupsi Semeru.

 

Ketua LPBI NU Sampang, Umar Faruq mengatakan bahwa erupsi Gunung Semeru merupakan bencana skala nasional dengan kapasitas bencana basar yang menimpa Kabupaten Lumajang.

 

"Kapasitasnya bencana besar dan melihat informasi beredar, bahwa bencana Semeru kali ini seperti tidak memberi tanda-tanda berbahaya," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Selasa (07/12/2021) sore.

 

Menurutnya, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah masyarakat yang terdampak letusan abu vulkanik Semeru mencapai 5.205 jiwa dan ada sebanyak 2.004 warga yang mengungsi.

 

Karena itu, semenjak Senin (06/12/2021), LPBINU Sampang melakukan Open Donasi Peduli Semeru untuk membantu ribuan warga terdampak yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan dermawan.

 

"Dari LPBINU Sampang sendiri untuk sementara ini masih sebatas bantu Open Donasi sesuai kebutuhan mendesak yang sudah diassesment," ujarnya. 

 

Pihaknya berharap kepada masyarakat secara umum dapat menyisihkan sedikit rejekinya bagi mereka yang tertimpa bencana erupsi Gunung Semeru.

 

"Karena kepedulian kita terhadap sesama merupakan nilai ibadah yang pasti dicatat dibalas dengan lebih baik. Dari itu kita harus empati terhadap saudara kita yang tertimpa bencana," pungkasnya.


Madura Terbaru