• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Mei 2022

Madura

Kemenag Sampang Buka Sejumlah Layanan di Mal Pelayanan Publik

Kemenag Sampang Buka Sejumlah Layanan di Mal Pelayanan Publik
Kepala Kemenag Sampang, H Pardi (kanan) saat memantau ruang pelayanan Kemenag di MPP setempat, Senin (29/11) pagi. (Foto: NOJ/Fahromi N)
Kepala Kemenag Sampang, H Pardi (kanan) saat memantau ruang pelayanan Kemenag di MPP setempat, Senin (29/11) pagi. (Foto: NOJ/Fahromi N)

Sampang, NU Online Jatim

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang membuka pelayanan konsultasi haji di Mal Pelayan Publik (MPP) Jalan KH Wahid Hasyim kota setempat yang baru saja diresmikan, Senin (29/11/2021) pagi. Selain itu, ada pula jenis pelayanan lainnya di lokasi tersebut.

 

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, H Pardi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang yang telah memfasilitasi pihaknya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di area MPP tersebut.

 

"Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bupati dan Pemkab Sampang yang sudah mengupayakan menyatunya pelayanan publik. Ini langkah luar biasa dan bukti sinergi kita semua termasuk Kemenag," ucapnya.

 

Ada beberapa pelayanan yang disediakan Kemenag Sampang di MPP. Apabila tentang haji, maka terkait konsultasi pendaftaran, pembatalan, lalu bagaimana proses selanjutnya termasuk persoalan imigrasi dan lainnya.

 

"Tetapi untuk eksekusinya tetap di Kantor Kemenag, karena begitu orang bayar di bank, setelah itu proses selanjutnya daftar itu sudah masuk ke sistem komputerisasi haji terpadu. Nah, hal itu hanya terdapat di kantor belum bisa dipindahkan ke MPP," terangnya.

 

Selain pelayanan haji, H Pardi menyebutkan, ada pula pelayanan bimbingan masyarakat (Bimas) yang berupa Sistem Informasi dan Aplikasi Masjid Musholla (Simas) yang kemudian di-linkkan, sedangkan hasilnya dapat diambil di Kantor Kemenag.

 

"Kemudian untuk Madrasah Diniyah (Madin), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) bisa mendaftar di sini yang administrasinya lengkap, kemudian akan diuploud melalui PTSP digital yang kemudian hasilnya bisa diambil ke Kantor Kemenag," paparnya.

 

Dijelaskan, untuk sementara ini Kemenag hanya melayani pelayananan konsultasi dan pendaftaran karena masih terkendala server dan aplikasi. Akan tetapi pada tahun 2022 nanti pihaknya akan optimalkan hal tersebut.

 

 

"Kita harap sinergitas ini bisa terus berlanjut dan bisa mendukung penuh pencapaian program Kabupaten. Karena memang kami salah satu bagian yang melayani masyarakat Sampang. Konsen kami adalah turut andil mewujudkan Sampang Hebat dan Bermartabat," pungkasnya.


Editor:

Madura Terbaru