• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Rehat

Ingin Tetap Semangat saat Pagi? Lakukan Hal-hal Berikut

Ingin Tetap Semangat saat Pagi? Lakukan Hal-hal Berikut
Lakukan sejumlah hal berikut ini saat pagi dengan harapan agar semangat dalam mengisi hari. (Foto: NOJ/diadona.id)
Lakukan sejumlah hal berikut ini saat pagi dengan harapan agar semangat dalam mengisi hari. (Foto: NOJ/diadona.id)

Saat pagi hari tidak sedikit yang merasa kurang bersemangat saat pagi. Tubuh rasanya ingin kembali ke tempat tidur, demikian pula mata pun sulit dibuka. Sekadar diketahui bahwa mengantuk di pagi hari masih tergolong wajar, namun ada kemungkinan rasa kantuk dipicu oleh hal lain yang berkaitan dengan kesehatan.


Berikut adalah antara lain yang hendaknya diperhatikan agar tetap memiliki semangat ketika pagi sebagaimana dilansir healt line. Harapannya tubuh terasa segar ketika bangun dan tentu saja memiliki semangat untuk berkegiatan.


1. Makan makanan dengan karbohidrat kompleks saat sarapan


2. Mencuci muka dengan air biasa setelah bangun


3. Meregangkan tubuh atau olahraga ringan di pagi hari


4. Mengatur waktu tidur di siang dan malam hari


5. Pastikan ada ruang bagi cahaya matahari untuk masuk ke kamar saat pagi.  

 

Langkah lain untuk mencegah kantuk di pagi hari juga bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:


1. Jauhi paparan layar gadget atau televisi setidaknya satu jam sebelum tidur


2. Pastikan suasana tidur yang nyaman, misalnya dengan cahaya temaram, tanpa suara berisik, dan aroma terapi


3. Rapikan kamar sebelum tidur


4. Berolahraga rutin setiap hari


5. Tidak meminum minuman yang mengandung kafein (kopi) beberapa jam sebelum tidur


6. Hindari begadang, pastikan tidur 7-8 jam tiap hari


7. Jika memakai alarm, jangan tunda untuk bangun saat alarm sudah bunyi agar siklus tidur tak terganggu


8. Minum cukup air putih agar tak dehidrasi


9. Buang air kecil sebelum tidur agar tidak terbangun saat malam karena dorongan berkemih


10. Jika sulit tertidur, jangan paksakan diri. Bangun dan lakukan aktivitas seperti membaca buku atau peregangan tubuh, baru coba tidur lagi.


Lawan kantuk kamu dan mulai untuk membiasakan bangun pagi sekarang. 

 

Manfaat Bangun Pagi

Para peneliti dari Universitas Toronto, Kanada, melakukan survei pada 700 orang berusia 17-79 tahun. Survei tersebut mengumpulkan data seputar rutinitas tidur, status emosi, kesehatan, dan waktu favorit. Dari survei yang dilakukan, orang-orang yang bangun pagi memiliki perasaan bahagia dan level kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering begadang.  Salah satu penyebab di balik temuan itu kemungkinan adalah jam biologis orang yang bangun pagi lebih sejalan dengan ekspektasi sosial, contohnya jam kerja yang umumnya selalu dimulai pagi hari.


Manfaat bangun tidur lebih pagi lainnya menurut studi dalam Journal of Psychiatric Research  Journal of Psychiatrik Research berkaitan dengan kejadian depresi.  Disebutkan, orang-orang yang bangun pada pukul 06.00 pagi atau lebih pagi punya 25 persen kemungkinan yang lebih kecil mengalami depresi, dibandingkan mereka yang senang tidur larut malam. Depresi adalah kondisi status emosional yang perlu dihindari setiap orang. Hal itu bisa dihindari dengan tidak begadang dan bangun di pagi hari.

  

Yang juga tentu saja hendaknya dilakukan utamanya bagi kalangan warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin adalah dengan membaca doa saat pagi. Karena di dalamnya terkandung pesan senantiasa optimis dalam mengisi hari sekaligus pasrah dengan ketentuan Tuhan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Wallahu a’lam.


Editor:

Rehat Terbaru