• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Rehat

Pesan Nabi: Anak Muda, Kuasailah Bahasa Asing

Pesan Nabi: Anak Muda, Kuasailah Bahasa Asing
Nabi berpesan agar anak muda menguasai bahasa asing. (Foto: NOJ/Ruangguru)
Nabi berpesan agar anak muda menguasai bahasa asing. (Foto: NOJ/Ruangguru)

Apa yang harus disiapkan anak muda saat ini? Di samping pengetahuan dan keterampilan, juga bahasa asing. Kisah berikut dapat dijadikan sebagai pemantik bahwa penguasaan bahasa asing demikian sangat dibutuhkan. Peristiwa terjadi zaman Nabi Muhammad SAW kala hendak memimpin perang.

 

Saat hendak mempersiapkan pasukan untuk sebuah peperangan, ada seorang pemuda belia menghampiri Rasulullah SAW. Usianya belum genap tiga belas tahun, namun memiliki keberanian diri menghadap panglima perang sembari membawa pedang.

 

Di hadapan Rasulullah SAW ia berkata: “Ya Rasulullah, aku membaktikan hidupku kepadamu. Izinkan aku untuk pergi bersamamu dan memerangi musuh-musuh Allah di bawah panji-panjimu.”

 

Rasulullah yang mulia memandang anak tersebut dengan penuh kekaguman, kemudian menepuk pundaknya. Keberanian yang ditunjukkan pemuda ini sangat membanggakan. Dan Nabi pun memuji serta tidak meragukan kesungguhan sang pemuda. 

 

Namun baginda menolak anak muda ini ikut dalam pasukan.

 

Anak muda yang tidak lain adalah Zaid bin Tsabit RA ini justru diberikan tugas lain.

 

“Zaid pergilah belajar tulisan Yahudi.” 
 

Zaid kemudian belajar bahasa Ibrani. Lantaran ketekunan dan usianya yang masih muda, sehingga tidak mengalami kesulitan berarti kala belajar bahasa Ibrani. Maka kemudian ia sangat fasih bahasa tersebut dan mengantarkannya menjadi sekretaris Rasulullah SAW. Tidak berhenti sampai di situ. baginda juga memerintahkan Zaid untuk belajar bahasa Syria. 

 

Dalam perjalanan berikutnya, Zaid mempunyai fungsi penting ketika Rasulullah berunding dan berkomunikasi dengan bangsa-bangsa yang tidak bisa bahasa Arab. Makanya, wahai anak muda, belajar dan kuasailah bahasa asing dengan baik.
 


Editor:

Rehat Terbaru