• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Tapal Kuda

Banser Sepuh di Lumajang Aksi Jalan Kaki Demi Bertemu Habib Luthfi

Banser Sepuh di Lumajang Aksi Jalan Kaki Demi Bertemu Habib Luthfi
Pemberangkatan Syamhaji, Banser sepuh asal Lumajang aksi jalan kaki menuju kediaman Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Pemberangkatan Syamhaji, Banser sepuh asal Lumajang aksi jalan kaki menuju kediaman Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Syamhaji, seorang Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sepuh dariĀ Lumajang melakukan aksi jalan kaki demi bertemu Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah. Perjalanan sejauh kurang lebih 650 kilometer itu dilakukan untuk mewujudkan nadzarnya beberapa waktu lalu.

 

Syamhaji yang berusia 66 tahun itu diberangkatkan dari Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang 1, Jalan Alun-alun Timur, Lumajang, Kamis (27/07/2023). Pemberangkatan dilakukan langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang Gus Abdul Mughist Naufal dan didampingi Wakil Ketua Satuan Koordinasi Cabang (Wakasatkorcab) Banser Lumajang.

 

Wakasatkorcab Banser Lumajang, Rudy Hartono membenarkan adanya aksi jalan kaki oleh Banser Lumajang kediaman Habib Luthfi tersebut. Ia pun mengaku bangga dan terharu atas aksi yang dilakukan Banser asal Desa Jatiroto, Kecamatan Jatiroto, Lumajang itu.

 

"Merasa bangga dan terharu. Kami berangkatkan kader Banser Lumajang ke Jawa Tengah menempuh jarak 650 kilometer demi menuntaskan nadzarnya. Kami support sepenuhnya ikhtiar ini," ucapnya kepada NU Online Jatim, Kamis (27/07/2023).

 

Rudy menyampaikan, kendati Banser yang melakukan aksi jalan kaki tersebut hanya satu orang, tetapi pihaknya meminta anggota Banser lainnya untuk mendampingi dan mengawal hingga luar kota, yakni kawasan Pasuruan. Hal demikian dilakukan agar perjalanannya sampai dengan selamat.

 

"Banser asal Jatiroto yang jalan kaki ke Pekalongan satu orang. Tetapi ada anggota lain 1 orang untuk mengawalnya menggunakan roda dua," terangnya.

 

Atas aksi tersebut, Rudy merasa sangat salut karena tidak semua Banser bisa melakukan hal ini. Menurutnya, aksi yang dilakukan anggota Banser yang telah sepuh tersebut cukup menginspirasi dan hendaknya jadi teladan bagi penerus.

 

"Sangat menginspirasi bagi semua. Khidmah ini termasuk yang luar biasa, utamanya bagi kader Banser Lumajang. Semoga perjalanannya lancar dan bisa bertemu dengan Habib Luthfi bin Yahya. Amin," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru