• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 24 Mei 2024

Tapal Kuda

Beragam Aksi Digelar Ansor Kencong demi Meriahkan 1 Abad NU

Beragam Aksi Digelar Ansor Kencong demi Meriahkan 1 Abad NU
Aneka kegiatan akan dilaksanakan PC GP Ansor Kencong dalam memeriahkan 1 abad NU. (Foto: NOJ/Habib Aziz Ar Rozi)
Aneka kegiatan akan dilaksanakan PC GP Ansor Kencong dalam memeriahkan 1 abad NU. (Foto: NOJ/Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong, jember menggagendakan kegiatan. Hal tersebut dalam rangka menyambut hari lahir atau harlah 1 abad NU. Acara akan digelar 23 hingga 24 Juli mendatang.


“Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Alun-alun Kencong,” kata Sekretaris PC GP Ansor Kencong, Asnawan, Rabu (06/07/2022). 


Dijelaskan bahwa rangkaian kegiatan itu di antaranya bazar UMKM, festival paduan suara, gebyar santri Pagar Nusa, dan senam rileksasi.


Selain itu, juga dilakukan pengukuhan Satuan Koordinasi Cabang atau Satkorcab Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kencong, Pimpinan Cabang Majelis Dzikir san Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kencong. Termasuk juga gebyar shalawat bersama ratusan kiai, ulama dan umara se-Jember.


“Tujuan besar kegiatan ini adalah untuk meneguhkan ideologi dan jati diri Ansor melalui Banser sebagai ujung tombak gerakan kebangsaan, sosial dan kemasyarakatan,” terangnya.


Dikemukakan pula bahwa MDS Rijalul Ansor sebagai ladang gerakan dalam bidang ideologi keagamaan. kehadirannya untuk merawat dan melestarikan landasan Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyah sebagai salah satu pilar berdiri dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Asnawan mengatakan bahwa dari 9 program PBNU dalam menyambut 1 abad, salah satunya adalah gerakan kemandirian.


"Ansor harus ikut andil dan perlu action yang bisa membangkitkan semangat berusaha dengan adanya bazar UMKM dan tentunya dapat memberikan manfaat khususnya warga NU," katanya.


Ia berharap kegiatan ini dapat membangun sinergi dengan beberapa banom di PCNU Kencong yang nantinya bersama-sama berkegiatan.


"Dalam hal ini juga dapat memotivasi kader Ansor dan Banser untuk selalu berkhidmat dan istikamah dalam berorganisasi. Kita akan mengundang seluruh senior dan para dewan penasihat," terang dia.


Dilansir dari laman resmi akun Facebook Ansor PC Kencong, Amin Nur Fahmi selaku sekretaris panitia mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak.  Hal tersebut tentu demi menyukseskan seluruh agenda.


"Termasuk menggandeng banom lain untuk ambil bagian dalam acara," katanya.


Masih dikatakan, kegiatan ini akan melibatkan banyak anggota dan baik internal Nahdliyin maupun lapisan masyarakat lain.


Disinggung soal anggaran, pemilik Apik Desain Printing Jember ini mengatakan pihaknya melaksanakan agenda bermodalkan tekad, kekompakan dan semangat.


"Lebih-lebih soal anggaran, semuanya ya bermodal tekad, ya mulai dari nol," pungkasnya.

 

Penulis: Habib Aziz Ar Rozi


Editor:

Tapal Kuda Terbaru