• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Tapal Kuda

Cetak Kader Militan, Ansor Kabupaten Probolinggo Gelar PKD

Cetak Kader Militan, Ansor Kabupaten Probolinggo Gelar PKD
Pelatihan Kader Dasar dilaksanakan PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ZA)
Pelatihan Kader Dasar dilaksanakan PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ZA)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) yang bertempat di Auditorium PCNU Kabupabten Probolinggo, jalan Warujinggo Leces, selama tiga hari, dimulai pada Sabtu (13/03/2021) hingga Senin (15/03/2021).

 

PKD dilaksanakan untuk mencetak kader Ansor yang militan. Harapannya, kader Ansor peserta PKD nantinya betul-betul menjadi kader yang loyal, mempunyai rasa memiliki organisasi dan aktif dalam setiap kegiatan Ansor dan Nahdlatul Ulama (NU).

 

Tidak hanya itu, dengan PKD diharapkan keilmuan, kemajuan berpikir, dan kecapakan dalam berorganisasi didapatkan oleh peserta PKD. Hal itu diperlukan karena kader Ansor adalah generasi penerus NU.

 

Adapun beberapa materi PKD yang disajikan kepada peserta. Yakni tentang ke-NU-an, ke-Ansor-an, dalil amaliyah NU, kewirausahaan, leadership, ke-Banser-an, wawasan kebangsaan, dan pengenalan aturan organisasi GP Ansor.

 

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo Misbahul Munir mengatakan, tujuan dilaksanakannya PKD  agar nantinya tercipta kader Ansor yang militan, mandiri dan menambah wawasan tentang keorganisasian.

 

"Makanya semua kader harus totalitas berproses. Jangan sampai ia bergabung di Ansor hanya sebatas iseng-iseng saja," kata Munir.

 

"Kader Ansor harus inovatif, memiliki daya pikir dan semangat perjuangan. Agar nantinya  bisa memajukan organisasi serta menjadikan  Ansor tempat pengkaderan bagi pemuda. Selain itu, bisa memberikan karpet hijau untuk memajukan NU," tambahnya.

 

Karena masa pandemi Covid-19, Munir menyampaikan peserta PKD kali ini dibatasi hanya 30 peserta. Mereka perwakilan dari tiga Pimpinan Anak Cabang, yakni dari Kecamatan Leces, Tegalsiwalan, dan Dringu. Setiap peserta dari masing-masing PAC dibatasi 10 peserta.

 

Penulis: Zainal Arifin

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru