• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Tapal Kuda

Deni Prasetya, Kader Ansor di Jember yang Sukses Usaha Pisang Cavendish

Deni Prasetya, Kader Ansor di Jember yang Sukses Usaha Pisang Cavendish
Deni Prasetya bersama warga usai panen pisang Cavendish. (Foto: NOJ/Liputan6.com)
Deni Prasetya bersama warga usai panen pisang Cavendish. (Foto: NOJ/Liputan6.com)

Jember, NU Online Jatim

Para pegiat Nahdlatul Ulama tidak semata berkhidmat lewat kiprah keagamaan. Tidak sedikit di antara mereka yang juga sukses mengembangkan usaha, seperti Deni Prasetya. Yang menarik, dirinya mampu melibatkan warga Dusun Geladak Langsep, Desa Sumber Jambe, Kecamatan Sumber Jambe, Kabupaten Jember dalam mengembangkan usaha ini.


Dijelaskan Deni bahwa hingga kini setidaknya ada 150 kepala keluarga (KK) yang menanam bibit pisang Cavendish.


"Kami mengoptimalkan lahan kosong yang ada di depan, belakang atau samping rumah dengan menanam bibit pisang Cavendish. Alhamdulillah, setelah 9 bulan, kini kami bisa panen pisang Cavendish," katanya sebagaimana dilansir iNews, Jumat (26/05/2023).


Yang dilakukannya tidak semata meminta para tetangga untuk menanam pisang jenis tersebut. Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim ini bahkan melakukan pendampingan kepada warga sejak penanaman bibit, perawatan pohon, hingga saat panen.


Bahkan, lanjut Deni, pihaknya bekerjasama dengan Saduluran Salawase Center juga melakukan pendampingan pasca panen. Baik pemasaran, sampai produksi olahan pisang Cavendish. Dengan kata lain, pendampingan yang dilakukan mulai hulu hingga hilir.


"Untuk pisang yang kualitasnya kurang bagus, kita olah jadi keripik pisang. Batang pisangnya kita fermentasi untuk pakan ternak dan pupuk. Jadi semua bagian bermanfaat dan bernilai ekonomis," ujar kader Ansor Jatim asal Kencong ini.

 

Dirinya berharap pendampingan yang dilakukan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar. Tentunya termasuk Nahdliyin atau warga NU yang mayoritas di Desa Sumber Jambe.


Karena itu, dalam kegiatan pendampingan tersebut, ia melibatkan keluarga besar NU. Baik itu Gerakan Pemuda Ansor, Muslimat NU, hingga Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama setempat. 


Dirinya juga bersyukur karena ikhtiar yang dilakukan juga didukung berbagai kalangan. Hal tersebut menjadi modal penting bagi pengembangan usaha ini di masa mendatang.


"Alhamdulilah, saya juga dibantu Pak Wafi yang merupakan Pengurus Ranting NU Sumber Jambe, dan Bu Rina ketua kelompok Jamiah Yasinan Muslimat NU," tandasnya. 


Tapal Kuda Terbaru