• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 Agustus 2022

Tapal Kuda

Diasuh Tokoh NU, Anggota Polres Pasuruan Antusias Ngaji Kitab Kuning

Diasuh Tokoh NU, Anggota Polres Pasuruan Antusias Ngaji Kitab Kuning
Ngaji kitab kuning Polres Kabupaten Pasuruan yang diasuh tokoh NU. (Foto: NOJ/MS).
Ngaji kitab kuning Polres Kabupaten Pasuruan yang diasuh tokoh NU. (Foto: NOJ/MS).

Pasuruan, NU Online Jatim

Semangat dan antusiasme anggota Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Pasuruan yang secara rutin dan bergantian mengikuti pengajian kitab kuning patut diapresiasi. Kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Rofiqul Ummah, Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kabupaten Pasuruan, Kamis (24/06/2021).

 

Pengajian rutin setiap hari Kamis pagi itu diadakan oleh Polres Pasuruan bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangil. Adapun kitab yang dikaji adalah Nashoihul Ibad.

 

Pada kesempatan itu, H Imam Haromain sebagai pengampu, menjelaskan tentang pentingnya menjadikan taqwa sebagai modal utama dalam menjalani hidup.

 

Disebutkan bahwa, barangsiapa yang menjalankan hal ini, maka lidahnya akan kesulitan untuk menyebutkan keuntungannya dalam urusan agama.

 

"Barangsiapa yang mengedepankan dunia sebagai modal utama, maka lidahnya tidak akan sanggup menghitung kerugiannya dalam urusan agama,” ungkap putra KH Syibromulis, Pengasuh Pondok Pesantren Cangaan Bangil itu.

 

Gus Romi, sapaan akrabnya, menyampaikan rasa syukur atas istiqomahnya pelaksanaan ngaji kitab kuning di Polres Pasuruan ini. Ia sangat bahagia melihat para polisi mau belajar kitab kuning sebagaimana pembelajaran santri di pondok pesantren.

 

"Semoga hal ini bisa bermanfaat dan menambah keberkahan untuk semua anggota kepolisian," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Sementara itu, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Krisna Harmawan menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan arahan dari Bapak Kapolri dan juga Kapolda Jatim, agar anggota polisi yang beragama Islam mempelajari kitab klasik atau kitab kuning.

 

Pihaknya dan Polres Kabupaten Pasuruan yang lain sangat merespon positif terkait kegiatan mengaji tersebut. Hal tersebut menurutnya untuk menambah wawasan keilmuan, utamanya dalam hal keagamaan.

 

"Kami sangat bersyukur karena berkesempatan untuk bisa mempelajari dan menambah ilmu dengan ngaji kitab ini," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru