• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

Dilantik, ISNU Situbondo Siap Beri Manfaat bagi Masyarakat

Dilantik, ISNU Situbondo Siap Beri Manfaat bagi Masyarakat
PC ISNU Situbondo usai dilantik di pendopo setempat. (Foto: Timesjatim)
PC ISNU Situbondo usai dilantik di pendopo setempat. (Foto: Timesjatim)

Situbondo, NU Online Jatim
Hal yang harus terus dilakukan kalangan berpendidikan tinggi seperti sarjana adalah memastikan memberi manfaat kepada lingkungan sekitar. Demikian halnya dengan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama atau ISNU, kiprahnya harus kian dirasakan.

 

“Kehadiran ISNU di Kabupaten Situbondo juga ingin memberikan kontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia yang unggul untuk menyongsong kejayaan bangsa,“ kata Fathol Bari, Selasa (3/12).

 

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Pengurus Cabang (PC) ISNU Situbondo ini saat memberikan sambutan atas dilantiknya kepengurusan di pendopo kabupaten setempat.

 

Dalam pandangannhya, ISNU harus siap dan mampu sebagai penebar manfaat sesuai dengan disiplin keilmuannya kepada warga nahdhiyin dan masyarakat Situbondo pada umumnya.

 

Fathol Bari mengungkapkan bahwa komposisi pengurus ISNU tidak hanya lulusan sarjana disiplin keilmuan tertentu, namun para pengurus dari bebagai disiplin keilmuan yang lain.

 

Secara khusus, dirinya menyoroti kesenjangan ekonomi yang masih menjadi problematika krsial di sejumlah daerah. Solusi yang ditawarkan adalah meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia yang ada.

 

“Kesenjangan ekonomi dan sosial di era milenial merupakan tantangan harus dihadapi, dengan menyiapkan sumber daya manusia unggul serta mampu bersaing dalam rangka mengikis habis kesenjangan sosial,” ujarnya..

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk menunjang niat murni tersebut, antara lain yang harus ditempuh adalah dengan menggandeng sejumlah kalangan, termasuk pemerintah darah.

 

“ISNU Kabupaten Situbondo sebagai wadah para intelektual akan selalu bersinergi dengan pemerintah untuk berkhidmat membangun sumber daya manusia khususnya di kalangan kaum nahdiyin dan masyarakat Situbondo pada umumnya,” urainya..

 

Yoyok Mulyadi selaku Wakil Bupati Situbondo yang juga pembina ISNU setempat berharap keberadaan badan otonom di NU ini senantiasa berada di jalurnya sesuai dengan tujuan perjuangan jamiyah.

 

"ISNU jangan sampai keluar dari ruh perjuangan para ulama dan kiai kkususnya para pendiri NU," katanya..

 

Menurutnya, akan menjadi bahaya besar jika para intelektual NU yang berkumpul di ISNU Situbondo sudah tidak lagi memegang ruh perjuangan NU. 

 

Pengurus Cabang ISNU Kabupaten Situbondo yang dilantik akan berkhidmah sejak 2019 hingga  2023, 

 

Tampak hadir pada pelantikan tersebut, Ketua Pengurus Wilayah (PW) ISNU Jatim, H Mas’ud Said dan M Dawud selaku sekretaris.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru