• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Tapal Kuda

Dosen dan Mahasiswa Inaifas Jember Terbitkan Buku Sosiologi Pendidikan Islam

Dosen dan Mahasiswa Inaifas Jember Terbitkan Buku Sosiologi Pendidikan Islam
Dosen dan mahasiswa Inaifas. (Foto: NOJ/Habib
Dosen dan mahasiswa Inaifas. (Foto: NOJ/Habib

Jember, NU Online Jatim

Peningkatan kualitas karya ilmiah pada program Pascasarjana Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember terus dilakukan dalam rangka memenuhi tagihan tugas kuliah juga tuntutan dari isian akreditasi dalam keterlibatan dosen dan mahasiswa untuk publikasi ilmiah.

 

Hal tersebut telah diaplikasikan oleh dosen dan mahasiswa Pascasarjana Inaifas program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menerbitkan sebuah buku berjudul 'Sosiologi Pendidikan Islam: Dialektika Historis, Teoritis dan Praktis Pendidikan di Indonesia'.

 

Buku terbitan CV Literasi Nusantara Abadi Kota Malang ini ditulis oleh Dr Asnawan sebagai penulis utama. Sementara penulis lain yaitu sekelompok mahasiswa Pascasarjana.

 

Wakil Rektor I Inaifas Asnawan menyebut, tujuan diterbitkannya buku ini sebagai peningkatan kualitas keilmuan sekaligus mentradisikan menulis bagi mahasiswa. Selain itu, sebagai bentuk kewajiban pertanggungjawaban karya ilmiah dan publikasi.

 

"Semoga ini tidak berhenti sampai di sini saja, akan tetapi terus dikembangkan baik dalam buku ilmiah atau jurnal ilmiah," ujar Asnawan kepada NU Online Jatim, Jum'at (05/08/2022).

 

Dikatakan, sebab salah satu syarat kelulusan adalah mahasiswa harus publikasi pada jurnal bereputasi. Maka dari itu, dirinya meminta agar mahasiswa terus mengasah dan meningkatkan kualitas karya tulisnya.

 

"Hal ini penting, dan sudah semestinya seorang akademisi mampu menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan turut memberikan sumbangsih intelektual untuk peradaban keilmuan mendatang," ujar Sekretaris PC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong ini.

 

Lebih jauh, pria kelahiran asal Sumenep ini berharap hal tersebut dapat menjadi contoh secara akademisi kepada kelas yang lain untuk mempublikasikan makalah atau paper yang sudah dipresentasikan sebagai tugas dosen.

 

"Kalau semua mentradisikan seperti ini, maka karya mahasiswa yang dibimbing oleh dosen akan sangat banyak dan bermanfaat bagi pembaca serta pengambangan perguruan tinggi," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru