• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Tapal Kuda

Elemen NU di Pasuruan Kompak Adakan Ruqyah Massal

Elemen NU di Pasuruan Kompak Adakan Ruqyah Massal
Pelaksanaan ruqyah massal yang diadakan oleh PAC JRA El Paidi dan LDNU Gempol, Pasuruan. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)
Pelaksanaan ruqyah massal yang diadakan oleh PAC JRA El Paidi dan LDNU Gempol, Pasuruan. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jam'iyah Ruqyah Aswaja (JRA) El Paidi Gempol bersama Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) setempat menggelar ruqyah massal. Kegiatan dipusatkan di Masjid Nurul Huda, Dliring, Gempol, Pasuruan, Selasa (19/10).

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh jamaah tahlil dan yasin desa setempat serta warga sekitar. Terhitung, lebih kurang 150 jamaah laki-laki dan perempuan memadati area Masjid Nurul Huda Driling.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) JRA El Paidi Pasuruan Raya, M Hafidz mengatakan, hendaknya setiap Muslim tidak pernah meninggalkan membaca Al-Qur’an, termasuk menjadikannya obat terhadap penyakit yang kerap mendera.

 

"Karena meskipun Allah SWT belum memberikan kesembuhan, maka insyaallah kita tetap mendapatkan pahala dari membaca Al-Qur'an tersebut," ungkap Kang Hafidz, sapaan akrabnya.

 

Sementara Ketua PAC JRA El Paidi Gempol, Ustadz Ali Wafa menyampaikan beberapa hal terkait ruqyah itu sendiri. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengenalan ruqyah kepada masyarakat

 

Disebutkan, bahwa pada dasarnya ruqyah sudah menjadi bagian daalam kehidupan masyarakat, utamanya Nahdliyin. Sebab, ruqyah itu ialah suwuk sebagaimana yang selama ini dilakukan oleh para kiai dan ulama terdahulu.

 

“Ruqyah itu sudah banyak dilakukan oleh kiai dan ulama dahulu. Oleh karenanya, kita jangan takut dengan ruqyah, karena ruqyah adalah adalah do'a," jelasnya.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gempol, KH M Khozin berharap agar keberadaan JRA semakin kuat dengan terus melakukan sinergi dengan pihak-pihak terkait di MWCNU Gempol.

 

"Kita tahu, bahwa keberadaan JRA ini secara struktural sebagaimana keputusan PBNU, adalah bagian dari sayap LDNU. Maka hal ini harus terus dikuatkan, utamanya dalam syiar dan dakwah Islam melalui pengenalan Al-Qur'an sebagai obat," terangnya.


Tapal Kuda Terbaru