• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Gandeng Pemkab, LPNU Pasuruan Gelar Pasar Murah Ramadhan

Gandeng Pemkab, LPNU Pasuruan Gelar Pasar Murah Ramadhan
Stand Pasar Murah Ramadhan oleh LPNU dan Pemkab Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Stand Pasar Murah Ramadhan oleh LPNU dan Pemkab Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Pasuruan bekerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggelar Pasar Murah Ramadhan 2022. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Kantor PCNU setempat selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (26-27/04/2022).


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Fery mengatakan, pasar murah digelar selama tiga hari, yakni pada hari Selasa dan Rabu (26-27/04/2022) di halaman Kantor PCNU Pasuruan dan pada Jum’at (29/04/2022) di lapangan A Yani, Dusun Kampung Baru, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.


"Pasar murah ini di gelar di dua tempat, yakni halaman Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan dan di Lapangan Ahmad Yani," ujarnya.


Diano mengatakan, Pasar Murah Ramadhan kali ini memuat 50 stand. Mereka yang berpartisipasi terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, 24 kecamatan, Satrya Emas, Asosiasi Industri Kecil Mikro (IKM), perusahaan, Badan Usahan Milik Negara (BUMN), hingga Perbankan.


"Di dalamnya banyak barang dan bahan pokok yang ditawarkan, mulai dari makanan, minuman, batik bordir, kerajinan tangan, sembako, pakaian, kerudung dan ada juga jasa tukar uang baru oleh Bank Jatim Pasuruan," ujarnya.


Dirinya menjelaskan semua yang dijual di Pasar Murah Ramadhan dijamin lebih murah dari harga di pasaran, termasuk harga minyak goreng yang sekarang mahal.


"Harga minyak selisih seribu sampai dua ribu rupiah dibanding di pasar. Dan bahan pokok di sini tidak ada subsidi dari pemerintah, semuanya apa kata penjualnya. Tapi kami yakinkan untuk memberikan harga yang lebih murah," ungkapnya.


Hal senada disampaikan Ketua LPNU Kabupaten Pasuruan, Samsul Arifin. Menurutnya, tujuan Pasar Murah Ramadhan untuk menyediakan barang kebutuhan pokok dan membantu masyarakat agar dapat memperoleh sembako serta kebutuhan lain dengan harga yang terjangkau.


“Gerakan ini juga sebagai sarana promosi bagi produk unggulan IKM dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta berbagai macam industri yang tersebar di Kabupaten Pasuruan,” imbuhnya.


Sementara Bupati Kabupaten Pasuruan, H Irsyad Yusuf berharap dengan digelarnya Pasar Murah Ramadhan ini dapat membantu masyarakat memperoleh sembako dan kebutuhan lain tanpa harus jauh-jauh datang lokasi masing-masing. Sebab, semua produk unggulan tiap daerah ada semua di pasar murah ini.


​​​​​​​"Semua potensi, produk dan keunggulan dari semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan kita hadirkan di satu tempat di sini, tinggal pilih mana yang akan dibeli," ujarnya.


Tapal Kuda Terbaru