• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Tapal Kuda

Harlah ke-87, Kader Ansor di Banyuwangi Bagi-bagi Takjil

Harlah ke-87, Kader Ansor di Banyuwangi Bagi-bagi Takjil
Anggota Ansor dan Banser Kecamatan Banyuwangi bagi-bagi takjil. (Foto: NOJ/VYS)
Anggota Ansor dan Banser Kecamatan Banyuwangi bagi-bagi takjil. (Foto: NOJ/VYS)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Ada banyak cara pengurus dan kader Gerakan Pemuda Ansor di seluruh Indonesia memperingati hari kelahiran organisasinya. Untuk harlah tahun ini, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kecamatan Banyuwangi merayakannya dengan berbagai kegiatan, di antaranya, berbagi takjil, Ahad (18/04/2021).

 

Kegiatan sore itu dipusatkan di Simpang Lima. Seluruh pengurus PAC dan perwakilan ranting hadir. Jalanan yang menjadi pusat pengguna kendaraan itu pun dipenuhi oleh seragam bernuansa hijau dan doreng, seragam khas Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Mereka menyisir dari sudut-sudut jalan sambil menyapa dan membagikan bingkisan takjil untuk buka puasa.

 

Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Banyuwangi Moh Riza Pahlevi menjelaskan, rangkaian peringatan harlah tahun ini sudah dilaksanakan pra acaranya sejak kemarin-kemarin dengan berbagai kegiatan.

 

"Mulai dari pelaksanaan apel kesetiaan kader, lomba-lomba, termasuk di dalam rangkaiannya adalah bagi-bagi takjil di simpang lima sekarang," kata Riza.

 

Ia menambahkan, setiap gerakan yang dilaksanakan Ansor tidak akan pernah lepas dengan kolaborasi bersama seluruh stakeholder yang membidangi masing-masing. Sebab, masing-masing tidak akan pernah bisa berjalan sendiri. Itu sebabnya seluruh rangkaian kegiatan di Ansor Kecamatan Banyuwangi berjalan lancar.

 

Sementara itu, Koordinator penyelenggara Andria Fajar mengatakan, ratusan bingkisan takjil tersebut dikumpulkan secara swadaya yang dihimpun dari masing-masing ranting. Berupa air mineral, roti dalam kemasan, dan takjil lainnya.

 

"Terkumpul sejumlah 870 bungkus. Semua kita bagikan secara gratis. Kepada siapa pun yang melintas di depan gerakan kami," ujarnya.

 

Dia melanjutkan, aksi tersebut juga sebagai langkah pengurus Ansor peduli kepada sesama yang melaksanakan ibadah puasa.

 

"Dalam beribadah kita sudah terpatri untuk saling tolong -menolong dalam kebaikan. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan atas gerakan yang kita inisiasi," jelas Andria.

 

Fitriani, salah satu pengguna motor, memberikan apresiasi atas berlangsungnya kegiatan ini.

 

"Saya dari rumah orang tua, alhamdulillah mendapatkan takjil dari teman-teman Ansor bisa digunakan untuk buka puasa. Perjalanan masih lumayan jauh untuk sampai rumah, sehingga bingkisan takjil ini bisa digunakan buka puasa di tengah perjalanan,” ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru