• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Tapal Kuda

ISNU Kota Pasuruan Buka Layanan Sertifikasi Produk Halal di Stand Pasar Rakyat

ISNU Kota Pasuruan Buka Layanan Sertifikasi Produk Halal di Stand Pasar Rakyat
Pendamping Produk Halal dari PC ISNU Kota Pasuruan sedang melayani pelaku UMKM sertifikasi produk halal.(Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Pendamping Produk Halal dari PC ISNU Kota Pasuruan sedang melayani pelaku UMKM sertifikasi produk halal.(Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan menggelar Pasar Rakyat Festival Santri Kota Pasuruan dalam Resepsi Hari Santri 2022 dan Kick Off 1 Abad NU. Kegiatan yang digelar sejak Jum'at (21/10/2022) hingga Ahad (30/10/2022) ini dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Untung Suropati Kota Pasuruan.


Dalam kegiatan ini, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Pasuruan turut memeriahkan dengan membuka stand layanan publik berupa sertifikasi produk halal produk bagi Usaha Kecil, Menengah dan Mikro (UMKM).


“ISNU Kota Pasuruan telah memiliki 38 tenaga Pendamping Produk Halal (PPH) yang siap terjun di masyarakat. Mereka merupakan binaan Lembaga Sertifikasi Halal PW ISNU Jawa Timur,” ujar Ketua PC ISNU Kota Pasuruan, Jakaria Umroh, Rabu (26/10/2022).


Jaka mengatakan, label halal ini berguna untuk memberikan rasa aman bagi para konsumen, sekaligus sebagai jaminan untuk mereka kalau produk yang mereka konsumsi tersebut aman dari unsur yang tidak halal dan diproduksi dengan cara halal dan beretika.


"Untuk produsen, label halal ini berfungsi dalam membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk-produk mereka,” ungkap Jaka.


Menurutnya, produk yang bersertifikat halal juga jadi memiliki daya saing yang lebih tinggi dibanding produk yang tidak mencantumkan label halal. Dalam sebuah penelitian, produk berlabel halal cenderung memiliki kenaikan omzet sebesar 5 persen. Oleh sebab itu, ISNU Kota Pasuruan akan terus mendorong UMKM untuk mensertifikasi produknya.


"Jika produk UMKM mencantumkan label halal omsetnya bertambah 5 persen, maka perlu bagi pelaku UMKM untuk melebeli produknya dengan label halal tersebut," katanya.


Dirinya berharap dengan layanan sertifikasi produk halal dari ISNU Kota Pasuruan tersebut memberikan banyak manfaat, khususnya kepada pelaku UMKM untuk melabeli produknya dengan label halal.


"Hari ini kita menemukan ISNU Produktif, ISNU yang melayani, dan ISNU yang menjawab persoalan umat," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru