• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Matraman

Gelar Konfercab, ISNU Nganjuk Diharap Makin Berkembang

Gelar Konfercab, ISNU Nganjuk Diharap Makin Berkembang
Konfercab ISNU Nganjuk V di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Kelutan Ngronggot (Foto: NOJ/ Afandi)
Konfercab ISNU Nganjuk V di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Kelutan Ngronggot (Foto: NOJ/ Afandi)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Kabupaten Nganjuk menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) kelima di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Desa Kelutan, Kecamatan Ngronggot, Ahad (20/02/2022).

 

Konfercab tersebut dihadiri Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk KH Bisri Hisyam, Penasehat PC ISNU Nganjuk KH Wakhid Badrus dan Pimpinan Wilayah (PW) ISNU Jawa Timur (Jatim) H Mohammad Yasin.

 

Turut hadir jajaran pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) ISNU se-Kabupaten Nganjuk, Ketua PC GP Ansor Nganjuk Muhammad Rifai dan Ketua IPNU Nganjuk Zainul Hasan serta Kepala Dinas Kesbangpol Nganjuk Gatut Sugiharto.

 

Ketua PC ISNU Nganjuk, M Ali Anwar dalam sambutanya menyampaikan tentang sepak terjang berkhidmat melalui organisasinya selama ini. Ia mengakui bahwa program kerja ISNU Nganjuk dalam masa kepengurusanya cenderung terlihat dilaksanakan sendiri.

 

“Saya naik (jadi Ketua ISNU Nganjuk), saya tidak mengundang siapa-siapa, dan saya tidak minta tolong. Tapi saat saya turun, saya harus minta tolong,” ujar M Ali Anwar yang juga alumni PMII Tulunggagung ini.

 

Menurut Ali, seorang sarjana itu tidak perlu diperintah ketika ingin memberikan kontribusi kepada NU. “Potensi yang ada kita letupkan, maka di situlah akan memberikan kontribusi atas nama sarjana Nahdlatul Ulama,” ungkapnya.

 

Meskipun demikian, ia menjelaskan bahwa marwah ISNU Nganjuk harus dijaga. Anggota ISNU yang selesai dalam periode kepengurusan diharapkan bisa melanjutkan perjuangannya.

 

Ia menyebut bahwa menjaga marwah dilakukan dengan memilih pemimpin berlatarbelakang akademik yang lebih tinggi. “Cara menjaga marwah ISNU adalah kita harus pilih, kita ambil pemimpin yang akademik yang lebih. Supaya teman-teman termotivasi di situ,” ungkapnya.

 

Selain itu, menurutnya, Ketua ISNU Nganjuk harus pernah menjadi pengurus di organisasi kumpulan sarjana NU. Kemudian juga berlatarbelakang akademik doktor. Ketua ISNU Nganjuk juga harus berkomitmen mengembangkan masa depan organisasi ISNU.

 

Dalam kesempatan yang sama, Katib NU Nganjuk KH Bisri Hisyam mengungkapkan harapannya kepada kepengurusan ISNU yang akan datang.

 

“Ke depan, kalau sudah terpilih kepengurusan yang baru jangan sampai terjadi single fighter,” ujarnya saat membuka acara.

 

Karena, menurutnya, jaringan Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan sarjana sudah banyak. Maka penataan organisasi, konsep dan program kerja ISNU itu tergantung kepada anggota pengurus yang baru.

 

Ke depan, lanjutnya, pemikiran anggota ISNU Nganjuk juga dibutuhkan untuk mewujudkan tiga program yang dicanangkan PCNU Nganjuk. Program itu di antaranya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

  

“Kami berharap sumbangsih kepada njenengan, agar bisa dirasakan sekali oleh jam'iyah NU, dan nanti mudah-mudahan ISNU berkembang,” ungkapnya.

 

Pantauan NU Online Jatim, Konfercab itu menetapkan Budi Harianto sebagai Ketua PC ISNU Nganjuk terpilih masa khidmat 2022-2026. Ia merupakan doktor sekaligus dosen di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaggung.


Editor:

Matraman Terbaru