• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Isra’ Mi’raj, IPNU-IPPNU di Jember Dibocori Rahasia Kenikmatan

Isra’ Mi’raj, IPNU-IPPNU di Jember Dibocori Rahasia Kenikmatan
Peringatan Isra' Mi'raj oleh PAC IPNU-IPPNU Jelbuk Jember, Rabu (10/03/2021). Foto: NOJ/MH)
Peringatan Isra' Mi'raj oleh PAC IPNU-IPPNU Jelbuk Jember, Rabu (10/03/2021). Foto: NOJ/MH)

Jember, NU Online Jatim

Penceramah KHM Kholil Abdurrahman hadir dan memberikan tausiyah di acara Isra’ Mi’raj sekaligus hari lahir (harlah) ke-67 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan harlah ke-66 Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) oleh PAC IPNU-IPPNU Jelbuk di Masjid Al-Barokah kecamatan setempat, Rabu malam (10/03/2021). Di acara itu, Kiai Kholil menjelaskan tentang nikmat luar biasa sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW.

 

Menurut Kiai Kholil, nikmat yang paling luar biasa ialah iman.

 

“Sebagaimana jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya oleh sahabat tentang nikmat apa yang paling besar, maka jawaban Rasul tentang nikmat yang paling besar dan tidak ada tandingannya di dunia adalah iman," katanya.

 

Ia menambahkan, iman terbagi dua bagian. Satu bagian mewujud dalam sikap bersyukur dan setengahnya lagi tercerminkan dalam sikap sabar.

 

"Yang pertama ialah bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan yang kedua ialah sabar atas segala ujian dan cobaan yang semua datangnya dari Allah SWT. Oleh karena itu jika manusia sudah bisa melakukan dua hal ini, maka sempurnalah hidup kita di dunia ini,” ungkap Kiai Kholil.

 

Dalam menjalankan kehidupan di dunia, ia menyebutkan tiga nikmat yang dibutuhkan oleh manusia. Yakni kesehatan, keamanan, dan kecukupan. “Jika nikmat-nikmat ini tidak kita dapatkan, maka kita tidak akan bisa melakukan kegiatan apapun di dunia,” ucap Kiai Kholil.

 

"Oleh karena itu, nikmat-nikmat ini harus kita syukuri bersama, salah satunya ialah dengan mengikuti acara Isra' Mi'raj ini dan juga kegiatan-kegiatan agama yang lain," kata Kiai Kholil.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru