• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Isra' Mi'raj, IPNU-IPPNU Kraton Pasuruan Gelar Lomba Puisi Online

Isra' Mi'raj, IPNU-IPPNU Kraton Pasuruan Gelar Lomba Puisi Online
Poster kegiatan Isra Miraj oleh IPNU-IPPNU Kraton, Pasuruan. (Foto: NOJ/INH)
Poster kegiatan Isra Miraj oleh IPNU-IPPNU Kraton, Pasuruan. (Foto: NOJ/INH)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj pada Maret 2021 ini. Salah satu di antaranya lomba puisi secara online. 

 

Ketua pelaksana kegiatan Trya Ningsih mengatakan, acara Isra' Mi'raj itu akan digelar bertemakan "Deretan Hikmah Perjalanan Agung'. Seperti yang telah diketahui, Isra' Mi'raj merupakan peristiwa besar di dunia Islam. Itu sebabnya umat Islam di dunia senantiasa mengambil ibrah dari peristiwa tersebut.

 

"Terutama di masa pandemi, diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa memantapkan persepsi dan pemahaman spiritual kader PAC IPNU IPPNU Kraton," kata Ningsih kepada NU Online Jatim, Selasa (09/03/2021).

 

Ia menjelaskan, kegiatan itu akan dihadiri, di antaranya, pengurus dan kader PAC Zona Sentral yang terdiri dari PAC IPNU-IPPNU Pohjentrek, Sidogiri, Gondangwetan, dan PAC IPNU-IPPNU Kejayan, Pimpinan Ranting (PR) se- Kecamatan Kraton, Badan Otonom (Banom) se-Kecamatan Kraton, dan tokoh masyarakat setempat. Puncak kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Hamid Desa Simare, Kraton, Pasuruan pada Ahad (28/02/2021).

 

Acara diawali dengan shalawat banjari, pembukaan, tilawah Al-Qur'an, sambutan ketua pelaksana, ketua PAC, ketua Pimpinan Cabang (PC), ketua Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU), pembagian hadiah lomba dan pembacaan puisi oleh Gus Haidar Hafeez selaku Presiden Sastrawan Santri. 

 

"Juga ada ceramah agama oleh KH Maksum Hasyim selaku Wakil Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan. Diakhiri dengan penutup dan doa oleh KH Musyaffa' Hasyim selaku Rais Syuriah MWCNU Kraton," ujar Ningsih.

 

Narahubung kegiatan Muhammad Wiranto menjelaskan, ada dua kegiatan dalam acara ini. Yakni kopi darat (kopdar) PAC Zona Sentral dan lomba puisi online.

 

"Timeline lomba ini meliputi pendaftaran dan pengiriman video pada 03 hingga 21 Maret 2021, kemudian penjurian pada 21 sampai 27 Maret 2021. Dilanjutkan pengumuman pada 28 Maret 2021 dan publikasi video pada 30 Maret 2021," kata Mahasiswa Universitas Negeri Malang itu.

 

Ketua PAC IPNU Kraton M Bahar Cibbuhu mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini yang pertama memperingati Isra Miraj. Kedua, mempererat tali silaturahim antarbanom, dan ketiga menampakkan eksistensi PAC IPNU-IPPNU Kraton.

 

"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan ghirah dan cinta ke- NU- an pelajar Kraton dan dengan masifnya ekspansi PAC IPNU-IPPNU Kraton dapat menambah kuantitas kader PAC IPNU-IPPNU Kraton serta menjadi tonggak awal kebangkitan PAC IPNU-IPPNU Kraton di Kabupaten Pasuruan," tambah Ketua IPPNU Kraton, Ulfiyah. 

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru