• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Tapal Kuda

Kader IPNU Jember Terpilih sebagai Pemuda Pelopor Pendidikan

Kader IPNU Jember Terpilih sebagai Pemuda Pelopor Pendidikan
Rio Hari Setiawan saat menerima penghargaan pemuda pelopor kabupaten Jember. (Foto: NOJ/ Muhammad Haris).
Rio Hari Setiawan saat menerima penghargaan pemuda pelopor kabupaten Jember. (Foto: NOJ/ Muhammad Haris).

Jember, NU Online Jatim

Prestasi membanggakan diraih oleh Rio Hari Setiawan. Salah satu kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Pakusari terpilih menjadi Pemuda Pelopor Kabupaten Jember tahun 2021, Kamis, (27/05/2021). Ajang ini diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember.

 

Untuk meraih prestasi tersebut, pemuda asal Kelurahan Jember Kidul, Kaliwstes tersebut harus bersaing dengan puluhan perseta se-Kabupaten Jember. Ia harus melewati beberapa tahapan, mulai seleksi administrasi berupa pendaftaran dan mengirimkan file deskripsi program yang akan menjadi kegiatan pelopornya kedepan melalui link Dispora Kabupaten Jember.

 

Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi administrasi tersebut akan diundang untuk mengikuti ujian tahap selanjutnya di kantor Dispora Jember.

 

"Pada tahap ini saya dinilai langsung oleh beberapa dewan juri, dengan cara tes wawancara dan mempresentasikan program dan penguasaan materi dari program yang saya rancang," ungkap Rio sapaan akrabnya kepada NU Online Jatim, Jum'at (28/05/2021).

 

Mahasiswa Universitas Islam (UI) Jember tersebut berhasil menjadi Pemuda Pelopor Kabupaten Jember 2021 dalam bidang pendidikan dengan tema yang diangkat dalam programnya yaitu 'Upaya penerapan dan Pengembangan pendidikan karakter pada anak melalui sepak bola usia dini di Kabupaten Jember'.

 

"Alhamdulillah dengan tema dan pembahasan yang saya presentasikan, saya bisa terpilih menjadi pemuda pelopor dalam bidang pendidikan," ungkapnya.

 

Ia menjelaskan, tema ini sangat baik untuk diterapkan bagi pemuda kedepan. Karena penanaman pendidikan karakter harus ditanamkan pada anak sejak kecil agar saat dewasa anak bisa berkembang dengan baik.

 

"Sebuah kesuksesan di masa depan dimulai dari sekarang, oleh karena itu sejak dini para penerus generasi muda masa depan harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik," jelasnya.

 

Dirinya berharap, dengan penerapan dan pengembangan pendidikan karakter yang akan dia terapkan bisa menjadikan anak-anak di kabupaten jember menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter religius, patuh terhadap orang tua,guru,guru ngaji serta setia kepada NKRI.

 

"Dengan Penerapan dan pengembangan pendidikan karakter yang saya terapkan saya berharap bahwa anak anak di kabupaten jember menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik lagi" harapnya.

 

 

Rio berpesan kepada kader IPNU-IPPNU untuk terus bersemangat dalam berproses dalam segala bidang hal, agar bisa menjadi pelopor-pelopor handal dimasa yang akan datang.

 

"Semoga yang akan datang akan muncul banyak pelopor dari kader Pelajar dan Pemuda Nahdlatul Ulama' (NU) guna regenerasi pengembangan  kemajuan disegala bidang " pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru