• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Rektor UI Jember Terpilih Tokoh Pendidikan Inspiratif Jatim

Rektor UI Jember Terpilih Tokoh Pendidikan Inspiratif Jatim
Abdul Hadi, Rektor UI Jember, saat menerima penghargaan sebagai Tokoh Pendidikan Inspiratif Jatim. (Foto: rmoljatim.id).
Abdul Hadi, Rektor UI Jember, saat menerima penghargaan sebagai Tokoh Pendidikan Inspiratif Jatim. (Foto: rmoljatim.id).

Jember, NU Online Jatim

Abdul Hadi, Rektor Universitas Islam Jember (UIJ) dinobatkan sebagai Tokoh Pendidikan Inspiratif Jawa Timur. Hal ini berkat kepeduliannya terhadap perkembangan dunia pendidikan di Jember.

 

Penobatan ini dilakukan Accurate Reasech and Consulting Indonesia (ARCI), sebuah lembaga riset kepuasan publik yang berkantor di Surabaya, Jawa Timur. Terpilihnya Abdul Hadi ini disampaikan Direktur ARCI, Baihaqi Siroj, saat halal bihalal dan peresmian Kantor Rektorat dan Koperasi UIJ Mart, di Aula Kampus UI Jember, Senin (24/05/2021).

 

Rektor di kampus kebanggaan warga NU Jember ini terpilih, menurut Baihaqi Siroj, karena kepeduliannya terhadap pendidikan. Menurutnya, yang dilakukan Abdul Hadi dalam memfasilitasi anak kurang mampu untuk kuliah merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.

 

“Dengan kepeduliannya, banyak anak yang tidak bisa kuliah dan putus kuliah, akhirnya bisa kuliah dan lulus,” imbuhnya dilansir rmoljatim.id.

 

Pihaknya menyebutkan, setelah dilakukan survei, akhirnya terpilih enam tokoh inspiratif Jawa Timur dalam bidang pendidikan. Diantaranya Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), yang juga Pengasuh Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto, KH Asep Syaifuddin Chalim.

 

Selain Abdul Hadi, ada pula Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Masdar Hilmy, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi, dan dua tokoh lainnya.

 

Sementara Abdul Hadi, Rektor UIJ, mengaku tidak percaya dengan apa yang diraihnya. Sebab, ia merasa tidak ada yang luar biasa dari dirinya atau yang ia lakukan.

 

“Saya bekerja karena telah diberi amanah oleh PCNU Jember. Sehingga saya terima saja dengan tulus dan ikhlas,” ungkapnya.

 

Abdul Hadi juga menyampaikan, pada awalnya dirinya belum percaya dipilih sebagai Rektor UIJ. Sebab menurutnya, masih banyak kader lain yang lebih pantas dan secara keilmuan lebih mumpuni.

 

“Maka dari itu, saat pemilihan saya sempat mengundurkan diri. Namun Allah SWT berkehendak lain, saya tetap diminta jadi calon dan akhirnya terpilih,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru