• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Awalnya Tukang Sapu, Kader NU Ini Kini Jadi Rektor

Awalnya Tukang Sapu, Kader NU Ini Kini Jadi Rektor
Abdul Hadi, Rektor Universitas Islam Jember. (Foto: Istimewa).
Abdul Hadi, Rektor Universitas Islam Jember. (Foto: Istimewa).

Jember, NU Online Jatim

Rektor Universitas Islam Jember (UIJ), Abdul Hadi, baru saja terpilih sebagai Tokoh Pendidikan Inspiratif Jawa Timur. Bersama enam tokoh lainnya, ia dipilih oleh Accurate Reasech and Consulting Indonesia (ARCI), berkat kepeduliannya dengan dunia pendidikan.

 

Abdul Hadi mengaku tidak menyangka atas raihan prestisiusnya tersebut. Karena ia merasa tidak ada yang istimewa dan luar biasa dari dirinya. Menurutnya, ia hanya bekerja dengan ikhlas, karena telah diberi amanah oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember.

 

“Saya hanya bekerja dengan ikhlas sesuai tugas dan amanah dari PCNU Jember sebagai Rektor,” ujarnya dilansir rmoljatim.id.

 

Sebelum menjadi Rektor, dirinya melamar di UIJ dan diterima sebagai tukang sapu. Pekerjaan tersebut ia tekuni sambil kuliah di kampus yang sama hingga lulus. Berselang beberapa waktu kemudian, akhirnya dirinya diangkat menjadi staf Tata Usaha di kampus kebanggaan warga NU Jember tersebut.

 

Minat belajar yang dimiliki seorang Abdul Hadi terus tumbuh. Hadi, sapaannya, kemudian kembali kuliah S1 di bidang Hukum, bahkan melanjutkan ke jenjang S2 dan lulus.

 

Perjalanan karirnya terus meningkat. Ia akhirnya diamanahi menjadi Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip). Kemudian menjadi Dekan Fisip UIJ dua periode, hingga akhirnya saat ini menjadi Rektor.

 

"Saya belum pernah jadi warek (wakil rektor), langsung terpilih menjadi rektor," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru