• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Kick Off 1 Abad NU Kraksaan Diisi Kirab Panji dan Jalan Sehat Bareng Kiai

Kick Off 1 Abad NU Kraksaan Diisi Kirab Panji dan Jalan Sehat Bareng Kiai
Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Kota Kraksaan. (Foto: NOJ/ ISt)
Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Kota Kraksaan. (Foto: NOJ/ ISt)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan melaksanakan Kick Off peringatan 1 Abad NU pada Sabtu (01/10/2022). Kegiatan yang diisi Kirab Panji dan jalan sehat bersarung bareng kiai itu start dan finish di Lapangan Desa Kedungsari Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.


Ketua PCNU Kota Kraksaan, H Ahmad Muzammil mengatakan, hasil Muktamar ke-32 NU di Makasar tahun 2010 lalu diputuskan bahwa Hari Lahir (Harlah) NU berdasarkan hitungan dalam kalender hijriyah, yakni pada tanggal 16 Rajab.


“Oleh karenanya, NU usianya sudah mencapai 1 abad atau 100 tahun berkiprah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 16 Rajab 1444 Hijriyah mendatang,” ujarnya dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id.


Dirinya berharap, di usia menjelang 1 abad akan lahir pembaharu baru di jamiyah Nahdlatul Ulama. Hal itu, menurutnya, meliputi pengurus di jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga kepengurusan di tingkat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU).


“Harapannya bagaimana di jajaran NU dan pemerintahan mulai dari eksekutif, legislatif dan yudikatif ada pembaharu,” jelasnya.


Ia menyebutkan, kick off 1 abad NU ini merupakan pembukaan dari kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan PCNU Kota Kraksaan dalam peringatan 1 abad NU dan menyongsong abad ke-2 NU. “Kegiatannya melibatkan semua lembaga dan badan otonom NU,” ungkapnya.


Disebutkan, kick off tersebut merupakan perwujudan dan amanah dari PBNU untuk mengadakan pekan olahraga NU di tiap-tiap cabang untuk memeriahkan kick off 1 abad NU. Untuk PCNU Kota Kraksaan sepakat mengadakan kirab panji dan jalan sehat bersarung bersama kiai.


Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU). Agenda kaderisasi PKPNU itu ditargetkan bisa menyasar 600 kader NU Kota Kraksaan yang dilaksanakan selama momentum kegiatan 1 abad NU.


“Serta, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang sudah beranggotakan 9 MWCNU dengan sasaran kaum dhuafa bisa ditangani oleh PCNU Kota Kraksaan,” tandasnya.


Kirab panji dan jalan sehat bersarung bareng kiai ini diikuti kurang lebih 12 ribu warga NU. Kegiatan ini dilepas oleh Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon udara. Turut mendampingi Rais PCNU Kota Kraksaan KH Abdul Wasik Hannan, Ketua PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil.


Kick off 1 Abad NU ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Probolinggo H Akhmad Sruji Bahtiar, anggota DPR RI Aminurrohman, anggota DPRD Jatim Muzammil Syafi’I, Habib Mahdi, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.


Tapal Kuda Terbaru