• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Metropolis

Kick Off 1 Abad NU

Kick Off 1 Abad NU Resmi Digelar, Gus Salam Sampaikan Pesan Jaga Stabilitas Negeri

Kick Off 1 Abad NU Resmi Digelar, Gus Salam Sampaikan Pesan Jaga Stabilitas Negeri
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim

Kick Off Harlah 1 Abad NU yang digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur sedang berlangsung. Diperkirakan 5000 hadirin memadati Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.


KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU mengatakan, perjalanan satu abad adalah pertanda dari perdabaan dan gaya hidup untuk mengenalkan Islam sebagai agama.


“Oleh karena itu, dalam satu abad ini PWNU Jawa Timur mengusung tema NU dari Pesantren untuk Peradaban Dunia,” katanya, Kamis (28/07/2022).


Di samping itu, Gus Salam mengungkapkan bahwa gelaran kick off ini membawa pesan harmoni, kolaborasi dan harmoni.


“Dengan harmoni, stabilitas negeri terjaga dan masyarakat bisa tenang melakukan ritual kegamaan. Kami juga akan melaksanakan istighotsah kubro pada 12 Februari 2023 sebagai puncak 1 Abad NU,” ungkapnya.


Kolaborasi, lanjut Gus Salam, menumbuhkan empati dan simpti kepada sesama. Serta menyadarkan masyarakat sebagai makhluk sosial.


“Kolaborasi akan mengokohkan kita sebagai anak bangsa. Tadi kita saksikan kolaborasi TNI POLRI yang membacakan Al Quran dan Sari Tilawah. Serta ada pembacaan puisi oleh Ketua PWNU Jawa Timur, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur, dan Ketum MUI Jawa Timur,” terangnya.


Selain itu, Gus Salam menjelaskan bahwa perubahan adalah keniscayaan, maka menjadi inovatif adalah kebutuhan.


“Syekh Nawawi al Bantanu mengatakan orang yanh bijak adalah yang mampu merespons zaman dengan arif, inovatif dan kreatif. Sebentar lagi akan kita saksikan Tupal Fashion Night, bukan untuk menyaingi Citayam Fashion Week tapi untuk memberi teladan bagaimana menyalurkan hobi dengan tidak mengganggu keseimbangan sosial di sekitar kita,” pungkasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru