• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

100 Ishari Milenial dari Malang Ramaikan Gelaran Kick Off 1 Abad NU Jatim

100 Ishari Milenial dari Malang Ramaikan Gelaran Kick Off 1 Abad NU Jatim
100 Ishari Milenial dari SMA-SMK Sunan Kalijogo Jabung, Malang saat berlatih. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)
100 Ishari Milenial dari SMA-SMK Sunan Kalijogo Jabung, Malang saat berlatih. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim
Ishari didirikan dalam rangka memberikan wadah kepada para pecinta shalawat Nabi Muhammad SAW. Melalui wadah ini, para anggota jamiyah bisa bershalawat dengan riang dan gembira secara berjamaah. Meski sudah berdiri sejak lama dan saat ini muncul banyak kelompok shalawat, semangat Ishari tidak lantas surut untuk melestarikan kesenian khas NU ini.


Dalam acara Kick Off Harlah 1 Abad NU Jatim yang akan digelar pada Kamis (28/07/2022) mendatang, Ishari turut dilibatkan untuk mempersembahkan penampilan terbaiknya. 100 Ishari Milenial dari SMA-SMK Sunan Kalijogo Jabung, Malang akan tampil di depan para masayikh dan tamu undangan se-Jawa Timur.


M Ismail Firori, Sekretaris Ishari NU Sunan Kalijogo Jabung, Malang mengatakan para talent sangat antusias berlatih untuk acara ini.


"Sejauh ini para talent antusias mengikuti latihan setiap pagi dan malam, mengingat acara ini tinggal menghitung hari. Awalnya kita menarik peserta dengan sukarela, namun ketika diumumkan bahwa akan tampil di acara PWNU Jatim semua peserta berbondong-bondong ingin berpartisipasi menjadi bagian dari Kick Off 1 Abad NU," katanya, Selasa (26/07/2022).


Ia menginginkan penampilan 100 Ishari Milenial ini bisa mengubah kesan terhadap Ishari yang dianggap sebagai kesenian kuno. Karena menurutnya, penampilan ini akan dikemas dengan semenarik mungkin sehingga cocok untuk dinikmati semua kalangan.


"Menurut saya penampilan 100 Ishari Milenial ini positif karena Ishari terkesan sebagai kesenian kuno. Kami ingin mengenalkan bahwa Ishari dapat diajarkan kepada semua umur, tidak hanya orang tua saja, melainkan cocok untuk kawula muda, pelajar dan mahasiswa. Perlu diingat meski Ishari terkesan kuno, namun tidak ketinggalan zaman," ungkapnya.


Dirinya berharap, penampilan ini dapat memotivasi lembaga dan instansi lain agar mengenal dan berminat dengan kesenian Ishari.


"Semoga dengan adanya penampilan ini yang diwakili oleh SMA-SMK Sunan Kalijogo Jabung, Malang dapat memotivasi dan bisa menjadi uswah bagi lembaga lain. Sehingga mudah-mudahan bisa dikenal secara nasional bahkan internasional," pungkasnya.


Metropolis Terbaru