• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember Gelar Diklat Penulisan Karya Ilmiah

Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember Gelar Diklat Penulisan Karya Ilmiah
Diklat Penulisan Karya Ilmiah di Pesantren Qarnaini, Sukowono, Jember. (Foto: NUO/Pan)
Diklat Penulisan Karya Ilmiah di Pesantren Qarnaini, Sukowono, Jember. (Foto: NUO/Pan)

Jember, NU Online Jatim

Pesantren memiliki sumber daya manusia berlimpah dalam hal tulis menulis. Keseharian santri yang berkutat dengan kegiatan pendalaman agama adalah sarana yang tepat untuk ditulis dan disebarkan. Hal itu penting sebagai ajang menyebarkan konten keislaman moderat di sejumlah media.

 

Karenanya, pada Senin (14/06/2021) Dewan Mahasantri Ma'had Aly Nurul Qarnain, Sukowono, Jember bekerja sama dengan Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, Universitas KH Achmad Shiddiq Jember, mengadakan pendidikan dan latihan penulisan karya ilmiah. Kegiatan dilaksanakan di auditorium KH Yazid Karimullah, Pesantren Nurul Qarnain.

 

Acara yang dihadiri Pimpinan Ma'had Aly Nurul Qarnain, KH Badrud Tamam itu mendatangkan dua pemateri. Pertama Ahmad Husain Fahasbu, jurnalis dan penulis media-media keislaman, kedua Muchliseh, lulusan Universitas Airlangga Surabaya sekaligus tenaga pengajar Madrasah Aliyah Nurul Qarnain.

 

Dalam pemaparannya, Gus Husain selaku narasumber pertama menjelaskan panjang lebar tentang pentingnya tulis menulis bagi para santri, khususnya santri ma'had aly.

 

“Apalagi keberadaan ma’had aly oleh pemerintah sudah disetarakan sebagai perguruan tinggi khas pesantren di Indonesia, maka dengan demikian,  tridharma perguruan tinggi juga berlaku, salah satunya adalah penelitian dan pengembangan,” katanya.

 

Lebih lanjut, lulusan Ma'had Aly, Sukorejo, Situbondo itu kemudian menjabarkan tentang teknik menulis dan mempresentasikan karya ilmiah.

 

Sementara mudir Ma'had Aly Nurul Qarnain, Gus Tamam menyambut dengan baik acara tersebut. Menurutnya, acara seperti ini dapat menunjang salah satu target mata kuliah lembaga.

 

“Bukan hanya itu, tetapi acara serupa sangat bermanfaat karena di ma'had aly juga ada tugas penulisan karya akhir sebagai salah satu syarat kelulusan,” terangnya.

 

Kegiatan berlangsung khidmat dan diikuti penuh antusias oleh seluruh peserta hingga akhir acara.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru