• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Tapal Kuda

Meriahkan Idul Adha, Pesantren Genggong Gelar Lomba Takbir dan Adzan

Meriahkan Idul Adha, Pesantren Genggong Gelar Lomba Takbir dan Adzan
Santri tampil dalam lomba adzan dan takbir di Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/SN)
Santri tampil dalam lomba adzan dan takbir di Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/SN)

Probolinggo, NU Online Jatim

Banyak cara dibuat masyarakat untuk memeriahkan Idul Adha, kendati penuh keterbatasan karena pandemi Covid-19. Di antaranya yang dilakukan Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, Senin malam (19/07/2021), yang mengadakan lomba takbir.

 

Lomba takbir itu rangkaian dari beberapa kegiatan yang diadakan Pesantren Genggong dalam rangka menyambut Idul Adha. Sehari sebelumnya, digelar pula lomba adzan. Lomba itu sekaligus ajang untuk memilih tukang adzan di masjid pondok pesantren.

 

“Selain sebagai ajang mencari bakat muadzin, kegiatan ini sekaligus sebagai hiburan santri,” kata Kepala Diniyah Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Uztadz Fadilis Syakur kepada NU Online Jatim, Selasa (20/07/2021).

 

Ia menjelaskan, aneka lomba itu digelar setiap Idul Adha. Juri adzan ditunjuk dari para ustadz pesantren. Acara tersebut berjalan lancar dan meriah dengan diikuti oleh 22 delegasi dari seluruh cabang Pesantren Genggong. Tentu saja kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Fadilis berharap dengan lomba itu para santri bisa lebih semangat dalam mengembangkan bakat, sebelum terjun langsung ke masyarakat. Karena pesantren sejatinya adalah tempat menempa kemampuan diri.

 

“Bahkan santri harus memiliki motto ‘malu seribu kali di pesantren lebih baik dari pada malu satu kali di masyarakat,” pungkasnya.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru